XL Pasang 4G di Bangka

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 15 Sep 2017 16:31 WIB
xltelekomunikasi
XL Pasang 4G di Bangka
Acara peluncuran 4G di Bangka.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pada awal 2016, XL telah menyediakan jaringan 4G LTE di Belitung. Kini, mereka memperluas jangkauan jaringan internet cepat mereka ke Bangka. 

“Bangka Belitung merupakan salah satu daerah dimana XL Axiata memiliki pelanggan paling banyak dibandingkan operator lain. Karena itu kami menempatkan daerah ini sebagai salah satu prioritas untuk perluasan layanan 4G LTE sejak awal tahun 2016 dengan Belitung terlebih dulu," ujar General Manager Sales Operation Southern West Region, XL Axiata, Rudi Rahman Hidayat. 

Sementara Vice Presiden West Region XL Axiata, Francky Rinaldo mengatakan, dengan adanya layanan 4G di Belitung, diharapkan hal ini akan dapat mendukung program pengembangan potensi ekonomi lokal, seperti industri parisiwata, yang Rinaldo anggap memiliki potensi untuk berkembang ke kancah internasional. Layanan 4G dapat digunakan untuk mempromosikan destinasi wisata, baik oleh pemerintah atau masyarakat. 

Dalam keterangan resminya, XL menyediakan layanan 4G di 5 kota/kabupaten di Bangka, yaitu Kota Pangkal Pinang, Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Bangka Tengah dan Kabupaten Bang Selatan.

Layanan 4G XL ini didukung oleh 80 BTS. XL menyebutkan, mereka akan terus menambah jumlah BTS. Di Belitung, layanan 4G telah tersedia di 2 kota/kabupaten yaitu Kabupaten Belitung dan Belitung Timur, didukung oleh 90 BTS 4G. 

XL menyediakan layanan 4G di Bangka Belitung bukannya tanpa alasan. Dalam satu tahun belakangan, XL melaporkan, trafik data naik hingga 172 persen di Bangka Belitung, dengan trafik 4G naik 347 persen. Jumlah penggunaan smartphone yang sudah bisa mengakses internet, baik 3G dan 4G, juga mengalami kenaikan, menjadi 56 persen dari total pelanggan yang mencapai 600 ribu orang. 


(MMI)