Google Hilangkan Fitur NFC Smart Unlock untuk Android

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 29 Sep 2017 16:12 WIB
google
Google Hilangkan Fitur NFC Smart Unlock untuk Android
Google menghentikan fitur NFC Smart Unlock pada perangkat Android tanpa pemberitahuan atau penjelasan.

Metrotvnews.com: Google menghentikan NFC Smart Unlock, fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuka kunci ponsel Android dengan perangkat cerdas berfitur NFC. Sayangnya, Google menghentikan fitur ini tanpa penjelasan atau penjelasan.

Mashable melaporkan, NFC Unlock masih terdaftar sebagai fitur aktif pada buku panduan perangkat Nexus dan Pixel, dan Google belum merilis pernyataan resmi terkait dengan penghentian fitur tersebut. Perangkat NFC atau Near Field Communcation dapat berinteraksi secara nirkabel dengan perangkat lain seperti smartphone, komputer dan kunci elektronik.

Untuk memanfaatkannya, kedua perangkat harus berada dalam jangkauan jarak empat sentimeter. Perangkat seperti NFC Ring dapat berfungsi ganda, sebagai aksesori fesyen serta kunci untuk membuka smartphone serta tablet, meski fungsi tersebut tidak lagi dapat dinikmati.

Pada awal bulan ini, sejumlah pengguna Android melaporkan bahwa mereka tidak lagi dapat menggunakan fitur ini. Setelah beberapa minggu mengalami kebingungan, seorang pegawai Google merespon bahwa SmartLock NFC Feature tidak lagi berlaku untuk pengguna baru.

Namun, pegawai tersebut tidak merespons permintaan lanjutan untuk melakukan klarifikasi yang ditujukan kepadanya. Selain masalah transparansi, langkah Google untuk menghilangkan fungsionalitas NFC dinilai sejumlah pihak cukup mengejutkan.

Selama beberapa tahun terakhir, NFC dinilai terbukti memiliki potensi untuk dapat dimanfaatkan oleh berbagai area, dari transporasi ke pengobatan, dan bahkan perhiasan. Perangkat cincin cerdas kini juga banyak dimanfaatkan oleh perusahaan kartu kredit besar untuk memperluas pengaruh mereka.

Kerja sama perangkat cincin cerdas dengan perusahaan kartu kredit tersebut akan menimbulkan permasalahan bagi Google, serta pengguna Android yang menjadi pelanggan layanan tersebut. Sebelumnya, Google mengumumkan Google Assistant akan tersedia di Android TV di sejumlah perangkat pilihan mulai 28 September waktu Amerika Serikat.


(MMI)

Andromax Prime, Begini Rasanya Pakai Ponsel 4G Rp300 Ribu
Review Smartphone

Andromax Prime, Begini Rasanya Pakai Ponsel 4G Rp300 Ribu

2 days Ago

Andromax Prime adalah feature phone sekaligus smartphone yang tepat bagi kalangan pengguna laya…

BERITA LAINNYA
Video /