Google Hilangkan Fitur NFC Smart Unlock untuk Android

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 29 Sep 2017 16:12 WIB
google
Google Hilangkan Fitur NFC Smart Unlock untuk Android
Google menghentikan fitur NFC Smart Unlock pada perangkat Android tanpa pemberitahuan atau penjelasan.

Metrotvnews.com: Google menghentikan NFC Smart Unlock, fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuka kunci ponsel Android dengan perangkat cerdas berfitur NFC. Sayangnya, Google menghentikan fitur ini tanpa penjelasan atau penjelasan.

Mashable melaporkan, NFC Unlock masih terdaftar sebagai fitur aktif pada buku panduan perangkat Nexus dan Pixel, dan Google belum merilis pernyataan resmi terkait dengan penghentian fitur tersebut. Perangkat NFC atau Near Field Communcation dapat berinteraksi secara nirkabel dengan perangkat lain seperti smartphone, komputer dan kunci elektronik.

Untuk memanfaatkannya, kedua perangkat harus berada dalam jangkauan jarak empat sentimeter. Perangkat seperti NFC Ring dapat berfungsi ganda, sebagai aksesori fesyen serta kunci untuk membuka smartphone serta tablet, meski fungsi tersebut tidak lagi dapat dinikmati.

Pada awal bulan ini, sejumlah pengguna Android melaporkan bahwa mereka tidak lagi dapat menggunakan fitur ini. Setelah beberapa minggu mengalami kebingungan, seorang pegawai Google merespon bahwa SmartLock NFC Feature tidak lagi berlaku untuk pengguna baru.

Namun, pegawai tersebut tidak merespons permintaan lanjutan untuk melakukan klarifikasi yang ditujukan kepadanya. Selain masalah transparansi, langkah Google untuk menghilangkan fungsionalitas NFC dinilai sejumlah pihak cukup mengejutkan.

Selama beberapa tahun terakhir, NFC dinilai terbukti memiliki potensi untuk dapat dimanfaatkan oleh berbagai area, dari transporasi ke pengobatan, dan bahkan perhiasan. Perangkat cincin cerdas kini juga banyak dimanfaatkan oleh perusahaan kartu kredit besar untuk memperluas pengaruh mereka.

Kerja sama perangkat cincin cerdas dengan perusahaan kartu kredit tersebut akan menimbulkan permasalahan bagi Google, serta pengguna Android yang menjadi pelanggan layanan tersebut. Sebelumnya, Google mengumumkan Google Assistant akan tersedia di Android TV di sejumlah perangkat pilihan mulai 28 September waktu Amerika Serikat.


(MMI)

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD
Review Smartphone

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD

1 week Ago

Nokia 2 merupakan smartphone kelas pemula dari HMD. Ini ulasan tentang kelebihan dan kelemahann…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.