Facebook Coba Samakan Pendonor Darah Untuk Pasien

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 29 Sep 2017 14:30 WIB
facebook
Facebook Coba Samakan Pendonor Darah Untuk Pasien
Facebook menggulirkan fitur untuk membantu mempertemukan pendonor darah dengan pasien atau organisasi yang membutuhkan.

Metrotvnews.com: Facebook menggulirkan fitur baru untuk membantu pendonor darah dan pasien yang membutuhkan di wilayah India untuk saling dapat menemukan satu sama lain. Facebook mulai meminta pengguna mendaftarkan diri sebagai pendonor darah, bersamaan dengan Hari Donor Darah Nasional India.

Pada hari perayaan di 1 Oktober mendatang tersebut, Facebook akan menampilkan permintaan tersebut pada beranda pengguna, dan dapat menandai diri mereka sebagai pendonor pada profil, serta memilih untuk membagikan permintaan tersebut dengan rekan.

Selain itu, Mashable juga melaporkan, dalam beberapa minggu mendatang, fitur ini akan memungkinkan masyarakat atau organisasi pencari donor darah untuk menciptakan unggahan permintaan tersebut. Unggahan dapat disebarkan berdasarkan wilayah, dan Facebook akan mengirimkan notifikasi ke pendonor dengan lokasi terdekat.

Jika pendonor menerima permintaan, organisasi akan dapat menghubungi mereka secara pribadi via panggilan telepon, atau melalui platform Facebook Messenger dan WhatsApp. Facebook menyebut fitur ini ditujukan untuk membantu memenuhi kebutuhan penting.

Kehadiran fitur tersebut didorong oleh laporan India mengalami kekurangan jumlah ketersediaan donor darah, hanya sekitar 10 persen dari yang dibutuhkan. Lebih dari 38 ribu donasi diperlukan setiap hari guna mengatasi kekurangan darah untuk ratusan hingga jutaan operasi utama di India.

Facebook akan menggulirkan fitur ini terlebih dahulu pada aplikasi versi Android, dan diikuti oleh situs versi mobile, yang menjadi medium akses utama masyarakat India ke jejaring sosial tersebut saat ini. Facebook mengundang masyarakat India untuk mengunjungi halaman situs khusus untuk mendaftar sebagai pendonor.


(MMI)

Video /