Facebook Coba Samakan Pendonor Darah Untuk Pasien

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 29 Sep 2017 14:30 WIB
facebook
Facebook Coba Samakan Pendonor Darah Untuk Pasien
Facebook menggulirkan fitur untuk membantu mempertemukan pendonor darah dengan pasien atau organisasi yang membutuhkan.

Metrotvnews.com: Facebook menggulirkan fitur baru untuk membantu pendonor darah dan pasien yang membutuhkan di wilayah India untuk saling dapat menemukan satu sama lain. Facebook mulai meminta pengguna mendaftarkan diri sebagai pendonor darah, bersamaan dengan Hari Donor Darah Nasional India.

Pada hari perayaan di 1 Oktober mendatang tersebut, Facebook akan menampilkan permintaan tersebut pada beranda pengguna, dan dapat menandai diri mereka sebagai pendonor pada profil, serta memilih untuk membagikan permintaan tersebut dengan rekan.

Selain itu, Mashable juga melaporkan, dalam beberapa minggu mendatang, fitur ini akan memungkinkan masyarakat atau organisasi pencari donor darah untuk menciptakan unggahan permintaan tersebut. Unggahan dapat disebarkan berdasarkan wilayah, dan Facebook akan mengirimkan notifikasi ke pendonor dengan lokasi terdekat.

Jika pendonor menerima permintaan, organisasi akan dapat menghubungi mereka secara pribadi via panggilan telepon, atau melalui platform Facebook Messenger dan WhatsApp. Facebook menyebut fitur ini ditujukan untuk membantu memenuhi kebutuhan penting.

Kehadiran fitur tersebut didorong oleh laporan India mengalami kekurangan jumlah ketersediaan donor darah, hanya sekitar 10 persen dari yang dibutuhkan. Lebih dari 38 ribu donasi diperlukan setiap hari guna mengatasi kekurangan darah untuk ratusan hingga jutaan operasi utama di India.

Facebook akan menggulirkan fitur ini terlebih dahulu pada aplikasi versi Android, dan diikuti oleh situs versi mobile, yang menjadi medium akses utama masyarakat India ke jejaring sosial tersebut saat ini. Facebook mengundang masyarakat India untuk mengunjungi halaman situs khusus untuk mendaftar sebagai pendonor.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.