Semakin Populer, Facebook Kewalahan Kembangkan Chatbot

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 15 Sep 2016 13:50 WIB
facebook
Semakin Populer, Facebook Kewalahan Kembangkan Chatbot
Fitur Chatbot mengalami perkembangan yang pesat

Metrotvnews.com: Sejak dikenalkan pada bulan April 2016, fitur Chatbot di Facebook Messenger diklaim menjadi sangat populer.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Facebook Messenger VP David, A. Marcus, yang mengklaim popularitas fitur Chatbot meroket dengan sangat cepat, bahkan memaksa Facebook untuk segera menghadirkan berbagai fitur baru ke dalamnya.

"Masalahnya adalah popularitas Chatbot semakin tinggi sejak peluncurannya. Fitur dasar yang kami hadirkan saat ini sudah tidak bisa mengakomodasi para developer untuk menciptakan aplikasi Chatbot yang lebih baik," ujar Facebook Messenger VP, David A. Marcus, pada acara Disrupt Conference baru-baru ini.

Menurut Engadget, Facebook juga puas dengan perkembangan Chatbot. Saat ini setidaknya terdapat 34.000 developer yang sedang mengembangkan aplikasi melalui Chatbot dan telah ada lebih dari 30.000 aplikasi Chatbot tersedia.

Jumlah tersebut tiga kali lebih banyak ketimbang bulan Juli 2016 kemarin. Aplikasi Chatbot pun beragam, mulai dari sekadar menampilkan halaman web, hingga berupa sistem pembayaran, mapping, serta penjualan ritel.

Chatbot merupakan fitur yang berisikan tools serta API khusus yang memungkinkan developer menghadirkan aplikasi pintar ke dalam Facebook Messenger. Aplikasi tersebut bisa digunakan oleh banyak pihak dan seperti yang disebutkan sebelumnya, ada banyak jenis aplikasi yang telah hadir di Chatbot.

Hingga saat ini, Facebook telah mengembangkan banyak teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk mendukung Chatbot, salah satunya adalah teknologi yang memungkinkan Chatbox mengenali sebuah objek tertentu. Chatbot juga dapat digunakan oleh siapa saja karena sifatnya yang open-source.


(MMI)