WiFi Publik Berisiko Namun Menguntungkan

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 21 Sep 2016 19:36 WIB
cyber security
WiFi Publik Berisiko Namun Menguntungkan
WiFi publik memiliki keuntungan dan risiko tersendiri.

Metrotvnews.com, Jakarta: Adaptasi perangkat mobile yang meningkat turut menghadirkan risiko terkait keamanan. Hal ini juga didukung oleh pembekalan konektivitas jaringan WiFi pada router lokal di lokasi pengguna.

"Dari beragam ancaman yang ada di masyarakat, keamanan terkait perangkat mobile juga bergantung pada perilaku manusia dalam menggunakan perangkatnya. Teknologi menawarkan kenyamanan yang sering kali membuat penggunanya terlena," ujar Regional Director Indonesia dan Malaysia, Edwin Lim, dalam konferensi pers di Jakarta, hari ini, Rabu (21/9/2016).

Risiko keamanan semakin meningkat akibat kehadiran aplikasi dan layanan mobile payment. Edwin menyebut, risiko tersebut diakibatkan oleh layanan yang mengharuskan pengguna memasukan sejumlah data sensitif dan terkait dengan dana keuangan yang juga dinilai sensitif.

Penggunaan WiFi publik, jelas Edwin, menyediakan peluang bagi penjahat siber untuk mencuri data dan informasi, bahkan uang yang tersimpan atau terkait dengan data.

Karenanya, Edwin menyarankan pengguna untuk tidak melakukan transaksi melalui mobile payment saat menggunakan WiFi publik.

Namun, penggunaan WiFi publik juga dinilai memiliki keuntungan, terutama bagi penyedia jaringan contohnya seperti toko di pusat perbelanjaan.

Penggunaan WiFi tersebut memungkinkan pengelola pusat perbelanjaan untuk dapat memahami karakteristik dan perilaku pengunjungnya.

Hal ini memungkinkan pengelola untuk mempersiapkan program yang menarik untuk pengunjung. Selain itu, Fortinet juga menyarankan pengguna untuk memiliki kepedulian lebih baik terkait penggunaan yang melibatkan informasi sensitif saat menggunakan WiFi publik.


(MMI)

Ini Cara Bedakan Galaxy Note 7 Lama dengan Versi Terbaru

Ini Cara Bedakan Galaxy Note 7 Lama dengan Versi Terbaru

2 days Ago

Melalui situs resminya, Samsung memberitahukan pihaknya telah memberikan tanda khusus untuk mem…

BERITA LAINNYA
Video /