Yakin Bakal Sukses, XL Siapkan Peluncuran MiFi

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 10 Oct 2016 16:36 WIB
xl
Yakin Bakal Sukses, XL Siapkan Peluncuran MiFi
Para eksekutif XL saat ditemui di Menara Prima.

Metrotvnews.com, Jakarta: XL menyiapkan 250 ribu paket mobile broadband (MBB) untuk dipasarkan mulai hari ini, Senin (10/10/2016). Paket MBB yang terdiri dari perangkat MiFi dan router ini telah dijual di kota-kota yang telah mendapatkan layanan 4G dari XL. 

Menyasar pengguna UKM dan keluarga, paket MBB dari XL dapat terhubung hingga ke 10 - 32 perangkat. Dengan begitu, pelanggan yang belum memiliki smartphone 4G sekalipun dapat menikmati layanan 4G. Sr. Advisor Transformation Projects XL, Rashad Javier Sanchez, mengatakan, meski saat ini smartphone telah dapat digunakan untuk fungsi tethering, tapi pasar untuk MiFi tetap ada. 

Salah satunya alasannya adalah karena baterai. Dia menjelaskan, jika smartphone digunakan untuk tethering, maka baterainya akan cepat habis. Sementara baterai MiFi dapat bertahan lebih lama. "Jika dipakai 10 orang, bisa bertahan selama 6 jam," kata Rashad. "Dalam keadaan standby, dapat bertahan 300 jam."



Alasan lain mengapa orang masih tertarik dengan MiFi, menurut Rashad, adalah karena perangkat tersebut telah dioptimalkan untuk memancarkan internet. Sehingga, kata Rashad, sinyal tetap kuat meski berada di kawasan yang sinyalnya tidak terlalu kuat. XL juga menawarkan paket kuota yang besar untuk MiFi ini. 

Saat ini, untuk layanan MBB, XL menyediakan XL Go dan XL Home. XL Go menawarkan perangkat MiFi dengan paket data 90GB untuk 3 bulan. Ia dihargai Rp749.000. Sementara XL Home menawarkan perangkat router dengan paket data sebesar 240GB seharga Rp1.499.000.

XL tampaknya sangat percaya diri dengan produk barunya ini. Rashad menyebutkan, hingga akhir tahun depan, XL menargetkan penjualan sebanyak 2 juta perangkat MBB dan penghasilan sebesar Rp1 miliar dari MBB ini saja.

MiFi dari XL ini sudah dikunci, dengan kata lain, Anda tidak bisa menukar kartu yang digunakan pada MiFi dengan kartu lain. Kartu SIM yang ada pada MiFi ini juga tidak bisa digunakan untuk ponsel. Router dan MiFi yang XL gunakan ini disediakan oleh Huawei. Karena itu, jika terjadi kerusakan, XL telah menyiapkan pusat perbaikan dengan bekerja sama dengan Huawei.

Untuk menyiapkan layanan MBB ini, minggu lalu, XL juga mengumumkan bahwa mereka telah melakukan investasi di jaringan untuk mempersiapkan layanan MBB ini.


(MMI)

ASUS Zenfone Max Pro M1, Pas untuk yang Suka Main Game Bareng
Review Smartphone

ASUS Zenfone Max Pro M1, Pas untuk yang Suka Main Game Bareng

1 day Ago

Menjual daya tahan baterai yang awet dengan kebutuhan mobile gaming adalah perpaduan yang pas.

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.