Perusahaan Indonesia Mulai Utamakan Keamanan Siber

Mohammad Mamduh    •    Minggu, 03 Sep 2017 12:43 WIB
corporatetransformasi digitaldimension data
Perusahaan Indonesia Mulai Utamakan Keamanan Siber
Ilustrasi: transformasi digital

Metrotvnews.com, Senggigi: Tren transformasi digital di Indonesia terus menunjukkan tren positif. Menurut Dimension Data Indonesia, korporasi Indonesia mulai menyadari pentingnya adopsi digital untuk menghadirkan inovasi dalam produk dan layanan mereka.

Meskipun begitu, masih ada banyak ruang yang perlu ditingkatkan, menurut Country General Manager Dimension Data Indonesia, Hendra Lesmana. “Edukasi perusahaan soal transformasi digital sudah cukup,” ungkap Hendra. “Langkah berikutnya adalah menentukan arah untuk perusahaan mereka.”

Ia menyebutkan, kebanyakan pelanggan Dimension Data Indonesia mengadopsi cloud hibrida, atau penggunaan cloud secara internal sekaligus eksternal.

“Pertimbangannya adalah ada beberapa layanan yang harus menggunakan cloud agar memberikan respons secara cepat kepada konsumen. Sedangkan data-data penting mereka simpan di jaringan internal.” lanjutnya. Banyak pelanggan Dimension Data Indonesia berasal dari sektor perbankan dan telekomunikasi, pada umumnya menerapkan hybrid cloud.

Selain itu, korporasi ini juga menyadari pentingnya keamaan siber yang mencukupi. Hendra mencontohkan, ketika satu perusahaan keuangan, baik asuransi maupun bank meluncurkan produk yang memanfaatkan digital, mereka harus memastikan jaringan sepenuhnya aman saat meluncur. “Jangan sampai ada yang membobol ketika acara pelucnuran berlangsung,” tegas Hendra.

Kesadaran akan pentingnya keamanan siber ini memang menjadi hal mutlak perusahaan dalam menerapkan transformasi digital. Pasalnya, serangan siber yang semakin terorganisir membuat celah keamanan yang paling kecil menghadirkan dampak yang fatal.

Belum tentu perusahaan yang dibobol mengalami kerugian finansial, mereka juga bisa menderita kerugian secara reputasi. Reputasi yang tercemar karena serangan siber biasanya memiliki dampak jangka panjang. Ini biasanya berdampak pada sulitnya mengembalikan kepercayaan konsumen.


(MMI)

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie
Review Smartphone

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie

2 days Ago

Vivo V7 Plus kembali mengunggulkan kemampuan kamera depan, yang diklaim mampu memanjakan penggu…

BERITA LAINNYA
Video /