Kalahkan Intel, Samsung Jadi Perusahaan Pembuat Chip Terbesar

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 29 Jul 2017 15:25 WIB
samsungintel
Kalahkan Intel, Samsung Jadi Perusahaan Pembuat Chip Terbesar
Samsung berhasil mengalahkan Intel. (Bloomberg via Getty Images)

Metrotvnews.com: Dalam laporan keuangan terbaru, Samsung berhasil mendapatkan keuntungan per kuartal tertinggi, yaitu USD12,7 miliar (Rp169,3 triliun), yang membuatnya mendekati keuntungan yang didapat Apple. Selain itu, Samsung juga berhasil mendapatkan pencapaian lain.

Dari USD54,8 miliar (Rp730,4 triliun) pendapatannya, sebanyak USD15,8 miliar (Rp210,6 triliun) datang dari Samsung Semiconductors. Pendapatan divisi semikonduktor Samsung telah melampaui Intel, yang hanya mendapatkan USD14.8 miliar (Rp197,3 triliun). Itu artinya, Samsung berhasil merebut posisi Intel sebagai perusahaan pembuat chip terbesar dunia. 

Samsung tidak mendapatkan posisi itu dengan menjual lebih banyak prosesor. Sebagai gantinya, perusahaan asal Korea Selatan tersebut justru memperbanyak jenis prosesor yang mereka jual. 

Seperti yang disebutkan oleh Engadget, Intel memfokuskan bisnisnya pada prosesor untuk komputer dan server setelah mematikan divisi wearable mereka pada bulan November lalu.

Sementara itu, Samsung justru memperluas bisnis mereka dan tidak hanya membuat chip untuk perangkat mobile, tapi juga untuk perangkat Internet of Things (IoT) dan kendaraan cerdas.

Selain itu, Samsung juga berhasil mengalahkan Intel berkat kesuksesannya dengan produk SSD yang lebih populer. Namun, Intel enggan untuk menyerahkan tahtanya pada Samsung begitu saja. Mereka mengklaim, chip Cannon Lake 10nm yang telah lama ditunda akan memiliki transistor dua kali lipat lebih banyak dari chip buatan Samsung atau TSMC, yang akan membuat teknologi mereka jauh lebih canggih. 


(MMI)

Motorola Moto G5S Plus, Kompetisi Ketat Segmen Kamera Ganda
Review Smartphone

Motorola Moto G5S Plus, Kompetisi Ketat Segmen Kamera Ganda

10 hours Ago

Turut memeriahkan tren kamera ganda yang tengah digandrungi produsen smartphone, Motorola juga …

BERITA LAINNYA
Video /