Semua Orang Bisa Lihat Facebook Stories

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 31 Jul 2017 14:06 WIB
facebook
Semua Orang Bisa Lihat Facebook Stories
Pengguna fitur Facebook Stories kini dapat berbagi konten kepada lebih banyak pengguna jejaring sosial ini.

Metrotvnews.com: Seolah tidak mau tertinggal, Facebook meluncurkan fitur serupa Snapchat, bertajuk Facebook Stories secara global pada Maret lalu. Kini fitur ini memungkinkan bintang media sosial dan figur publik mengunggah Stories secara publik.

Sebelumnya, Facebook Stories hanya bisa dibagikan kepada rekan di jejaring sosial yang dipimpin Mark Zuckerberg tersebut. Kemampuan dibagikan secara publik memungkinkan unggahan Facebook Stories dinikmati oleh lebih banyak pengguna Facebook.

Kehadiran kemampuan berbagi secara publik ini pertama kali ditemukan oleh peneliti media sosial, Carlon Gil, pada fitur privasi. Hal tersebut mendapat konfirmasi dari perwakilan Facebook, menyebut telah menggulirkan update pada beberapa minggu lalu.

Pengaturan Public pada Facebook Stories, lanjut perwakilan Facebook, tidak hanya memungkinkan teman, tapi juga pengikut melihat unggahan pengguna. Ditanya soal waktu kemampuan tersebut dapat dimanfaatkan pengguna, Facebook mengatakan kepada Techcrunch, belum memiliki waktu pasti.

Kemampuan berbagi Facebook Stories ke publik ini berpotensi untuk mempopulerkan pengguna menjadi selebritas internet serupa yang dilakukan oleh Snapchat dan Instagram Stories.

Sementara itu, Facebook turut mengumumkan pertumbuhan signifikan yang dialami Instagram Stories, yang telah digunakan oleh lebih dari 250 juta pengguna setiap harinya. Jumlah tersebut lebih besar jika dibandingkan jumlah pengguna Snapchat sebesar 166 juta pengguna per hari.

Namun, Facebook belum mengumumkan informasi terkait penggunaan Messenger Day atau Facebook Stories. Selain pada aplikasi utamanya, fitur Stories juga tersedia pada aplikasi media sosial dan komunikasi yang telah diakuisisi Facebook, yaitu Instagram dan WhatsApp.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.