Hands-On

Kesan Sekilas Menggunakan LG G6

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 20 Apr 2017 16:27 WIB
lg
Kesan Sekilas Menggunakan LG G6
LG G6. (MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Di Indonesia, LG resmi meluncurkan smartphone premiumnya, G6, hari ini, Kamis (20/4/2017).

Dari G6, satu hal yang paling menarik perhatian saya adalah bodinya. Tidak ada lagi bodi plastik seperti pada G5. Bodi plastik merupakan pengorbanan yang LG lakukan untuk membuat smartphone tersebut menjadi ponsel modular.

Kali ini, LG kembali ke konsep smartphone tradisional. Hal ini justru membuat LG kembali relevan dalam persaingan smartphone premium. 

Perbandingan antara G5 dan G6. (MTVN)

LG G6 terlihat mewah dengan lapisan Gorilla Glass pada bagian depan dan belakangnya. Selain itu, LG juga berhasil memosisikan 2 kamera, flash dan sidik jari dengan posisi yang tidak hanya enak dilihat, tapi juga ergonomis, berbeda dengan Galaxy S8 yang pemindai sidik jarinya berada di sebelah kamera, yang terlihat sedikit aneh. 

Dua kamera belakang di G6. (MTVN)

LG mengikuti tren smartphone flagship tahun ini. Selain dua kamera belakang, G6 juga sudah dilengkapi dengan bezel super tipis. LG menyebutnya sebagai "FullVision."

Beda layar G6 dari smartphone lain adalah sudutnya yang agak melengkung. Dalam acara yang diadakan minggu lalu, Assistant Project Manager, Retail Development Head, LG Electronics Indonesia, Jae Hyoung Lee menjelaskan bahwa hal ini dibuat dengan tujuan agar G6 menjadi lebih tahan banting. 

LG G6
Sudut layar G6 yang melengkung. (MTVN)

Pria yang akrab disapa Jamie tersebut menjelaskan, saat ponsel terjatuh, bagian yang paling rentan rusak adalah bagian sudut layar. Karena itu, dengan membuat sudut yang membulat, diharapkan G6 akan menjadi lebih tangguh. 

Selama menggunakan G6, saya merasa ia memang lebih berat dari smartphone kebanyakan. Namun, hal ini justu membuatnya terasa lebih kokoh. 

Kamera belakang kedua pada G6 berfungsi sebagai kamera wide-angle. Dengan sudut yang lebih luas, LG ingin agar penggunanya dapat mengambil foto yang lebar. Kamera depannya juga sudah dapat digunakan untuk mengambil selfie dengan wide-angle

LG G6
G6 sudah memiliki sertifikasi IP68. (MTVN)

Bezel tipis? Ada. Dua kamera belakang? Ada. Fitur khas smartphone flagship lain yang ada pada LG G6 adalah sertifikasi IP68, yang berarti ia bisa dibawa ke dalam air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit maksimal. 

Meski memiliki sertifikasi IP68, G6 tidak memiliki penutup port. Itu berarti, Anda tidak bisa langsung mengisi baterainya setelah membawanya ke dalam air. Karena itu, jika Anda ingin membawanya ke kolam renang, sebaiknya Anda memastikan baterainya masih cukup banyak.

Hal ini tidak hanya terjadi pada LG G6. Pada smartphone lain, seperti Samsung Galaxy A7 misalnya, hal serupa juga terjadi. 


(MMI)