Tips & Trik

Jangan Takut, Ada Cara Aman untuk Melihat Gerhana Matahari

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 07 Mar 2016 14:27 WIB
gerhana matahari
Jangan Takut, Ada Cara Aman untuk Melihat Gerhana Matahari
Gambar gerhana yang diambil tahun lalu. (AFP PHOTO / ESA / ROB)

Metrotvnews.com: Satu hal yang harus Anda ingat jika ingin melihat gerhana matahari adalah untuk tidak melihat secara langsung ke matahari dengan mata telanjang. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Ada beberapa cara mudah yang dapat Anda lakukan jika ingin melihat gerhana matahari dengan aman.

Inilah tiga cara yang bisa Anda coba, seperti yang dikutip dari Telegraph.

1. Metode lubang jarum
Buat sebuah lubang pada selembar kertas. Anda dapat membuat lubang dengan jarum, pastikan lubang tersebut bulat, halus dan berukuran kecil. Berdiri dengan punggung menghadap matahari. Pegang kertas berlubang sehingga sinar matahari mengenai kertas tersebut.

Ambil selembar kertas lain berwarna putih. Pegang kertas kedua di belakang kertas pertama sehingga gambar matahari akan membayang di kertas kedua.

Anda juga dapat menggunakan kardus kecil seperti kardus sereal. Buat sebuah lubang di satu sisi. Hadapkan sisi berlubang ke matahari. Gambar matahari akan muncul di dalam kotak kardus. Untuk membuat gambar terlihat lebih jelas, letakkan kertas putih di bagian dalam kardus.

Jangan mengintip ke arah matahari melalui lubang yang ada.

2. Proyeksikan matahari melalui teropong atau teleskop
Tutup salah satu lubang pada teropong. Arahkan lubang yang terbuka - bagian yang lebih besar - ke arah matahari. Letakkan selembar kertas putih dengan jarak sekitar 30 cm dari teropong. Anda dapat menggunakan roda untuk menyesuaikan fokus untuk menyesuaikan ketajaman gambar.

Idealnya, teropong yang Anda gunakan terpasang ke sebuah tripod. Selain teropong, Anda juga dapat menggunakan teleskop berukuran kecil untuk melakukan ini.

3. Kacamata untuk melihat gerhana
Menggunakan kacamata khusus adalah satu-satunya cara untuk melihat gerhana matahari secara langsung. Sama seperti kacamata 3D, kacamata ini dilengkapi dengan material khusus yang akan memotong cahaya matahari 100 ribu kali. Saat menggunakan kacamata untuk melihat gerhana, pastikan kacamata tersebut asli


(MMI)

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD
Review Smartphone

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD

1 week Ago

Nokia 2 merupakan smartphone kelas pemula dari HMD. Ini ulasan tentang kelebihan dan kelemahann…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.