Uber Hadirkan Tips Bahasa Isyarat

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 02 Oct 2017 12:08 WIB
uber
Uber Hadirkan Tips Bahasa Isyarat
Uber mengumumkan fitur kartu khusus berisi pelajaran dasar terkait American SIgn Language untuk berkomunikasi dengan pengemudi tuna rungu.

Metrotvnews.com: Uber memperluas dukungan untuk pengemudi penyandan tuna rungu atau kesulitan terkait indera pendengaran, mempermudah pengguna layanan untuk berkomunikasi dengan pengemudi tersebut.

Slash Gear melaporkan, Uber mengumumkan alat baru untuk membantu pengguna layanannya guna memahami dasar dari American Sign Language (ASL), termasuk cara menyapa dan mengucapkan terima kasih menggunakan gestur tangan.

Pelajaran tersebut tersedia di dalam aplikasi Uber, dan dinilai hadir sebagai cara yang baik dan menyenangkan untuk menutup bulan kesadaran tuna rungu nasional atau National Deaf Awareness Month di Amerika Serikat.

Tidak ditujukan untuk menjadikan pengguna layanan ahli di bidang bahasa isyarat ASL, melalui fitur ini Uber berharap dapat memberikan bantuan kepada pengguna terkait dengan cara dasar dalam berkomunikasi dengan penyandang tuna rungu.



Uber menyebut bahwa pengguna layanan dapat melihat kartu khusus pada beranda aplikasi, dan mengetuk kartu akan menampilkan pelajaran terkait bahasa isyarat tesebut. Aplikasi akan menampilkan demonstrasi cara mengeja nama pengguna dalam ASL, serta isyarat Hello dan Thank You.

Namun, pengguna perlu mengeja nama di aplikasi terlebih dahulu, sehingga aplikasi dapat menampilkan GIF animasi yang menampilkan pengejaan dalam isyarat gestur tangan. Hal ini dinilai lebih mudah jika dibandingkan dengan gambar ilustrasi.

Selain itu, penggunaan GIF animasi juga dinilai membutuhkan waktu lebih cepat bagi pengguna untuk memahami dan mengingat bahasa isyarat tersebut. Pengguna Uber diharuskan melakukan update pada aplikasi untuk dapat memanfaatkan fitur ini.


(MMI)

Video /