MWC 2018

Ini Kabar Terbaru Soal Galaxy X, Ponsel Lipat Samsung

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 26 Feb 2018 09:50 WIB
samsungmwc 2018
Ini Kabar Terbaru Soal Galaxy X, Ponsel Lipat Samsung
Eksekutif Samsung Mobile membahas Samsung Galaxy X di ajang MWC 2018.

Jakarta: CEO Samsung Mobile DJ Koh telah membicarakan ponsel lipat karya perusahaannya yang disebut dengan nama Samsung Galaxy X. Tersiar informasi bahwa ponsel ini akan memasuki proses produksi massal pada bulan November 2018 dan ditargetkan untuk dirilis pada tahun 2019.

Pada bulan Januari lalu, dalam ajang CES 2018, prototipe yang hampir sempurna dari Galaxy X dilaporkan dipamerkan kepada sejumlah pemain utama di industri smartphone. Samsung diperkirakan akan membuat ponsel lipat pertamanya dengan desain lipat ke arah dalam.

Sedangkan model dengan desain layar yang dapat dilipat ke arah luar akan diluncurkan setelahnya. Alasannya, model berdesain lipat ke arah luar ini akan membutuhkan layar dengan fleksibilitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan unit berdesain lipat ke arah dalam.

Sementara itu, unit Samsung Galaxy X yang dipamerkan di ajang CES 2018 di Las Vegas lalu mengusung layar berukuran 7,3 inci. Menurut laporan terbaru, Koh mengutarakan kekhawatirannya terkait penilaian publik terhadap ponsel lipat tersebut.

Eksekutif Samsung ini menyebut dirinya harus sangat percaya diri bahwa perusahaannya dapat menghadirkan pengalaman penggunaan terbaik saat meluncurkan ponsel dengan desain baru tersebut. Namun, untuk saat ini, Koh tidak memberitahukan informasi lain terkait dengan Samsung Galaxy X.

Koh berjanji, saat waktu peluncuran Galaxy X tiba, dirinya akan membagikan seluruh informasi yang diketahuinya kepada awak media dan masyarakat.

Samsung bukanlah perusahaan teknologi besar satu-satunya yang tengah mengembangkan ponsel lipat. Menurut rangkaian paten yang didaftarkan, Microsoft juga diperkirakan tengah mempersiapkan ponsel atau tablet berdesain lipat, mengusung kode Andromoda. Namun hingga saat ini, Microsoft masih bungkam saat dimintai konfirmasi terkait dengan informasi ini.

Sebelum ini, ZTE juga telah meluncurkan ponsel lipat dengan nama Axon M. Meskipun begitu, masih belum diketahui berapa banyak unit yang telah ZTE jual. 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.