DLH Jepara Kembangkan Pengangkutan Sampah Berbasis Aplikasi

Rhobi Shani    •    Sabtu, 25 Nov 2017 11:20 WIB
aplikasi
DLH Jepara Kembangkan Pengangkutan Sampah Berbasis Aplikasi
DLH Jepara ingin buat aplikasi untuk memudahkan pengumpulan sampah. (Metrotvnews.com/Budi Warsito)

Jepara: Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, sedang mengembangkan inovasi pengangkutan sampah berbasis aplikasi Android.

Aplikasi yang dinamakan Si Angsa (Sistem Informasi Angkut Sampah) itu, direncanakan meluncur pada tahun 2018. 
 
Kepala DLH Jepara Fatkhurrohman menyampaikan, saat ini aplikasi sedang dikerjakan. Aplikasi ini akan mengatur pengangkutan sampah dari desa-desa ke tempat pembuangan akhir (TPA).
 
“Nantinya, pengangkutan sampah dari desa ke tempat pembuangan sampah akan ada pembiayaan. Yang mengangkut DLH, kalau sekarang masih ditangani oleh masing-masing desa,” ujar Fatkhurrohman, Rabu 22 November 2017. 
 
Fatkhurrohman menyampaikan, ada beberapa keuntungan jika menggunakan aplikasi Si Angsa. Pertama, potensi sampah dari masyarakat yang terangkut semakin banyak. Kedua, retribusi dari sektor tersebut dapat digenjot. 
 
“Baru sekitar 38 persen penduduk penghasil sampah yang tergarap, sisanya belum. Ini akan memberikan peluang kerja bagi mereka yang berkecimpung di pengangkutan sampah,” kata Fatkhurrohman.
 
Setiap hari, Fatkhurrohman melanjutkan, produksi sampah di Kabupaten Jepra mencapai 1.123 ton. Sementara, sampah yang bisa terangkut hanya 11,32 persen atau sekitar 100 ton yang masuk ke TPA. Sehingga dengan aplikasi tersebut, diharapkan dapat mengangkut sampah-sampah yang sebelumnya tidak terangkut. 
 
“Nantinya sampah yang diangkut tidak lantas langsung dibuang begitu saja ke TPA. Namun terlebih dahulu dilakukan pemilahan,” pungkas Fatkhurrohman. 
(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.