Sony Kembali ke Industri Robot dengan Aibo Terbaru

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 09 Oct 2017 13:11 WIB
sonyrobot
Sony Kembali ke Industri Robot dengan Aibo Terbaru
Sony Aibo.

Metrotvnews.com: Sony akan kembali masuk ke industri robot dengan meluncurkan versi terbaru dari Aibo, robot rumahan yang menyerupai anjing. 

Aibo pertama kali diluncurkan pada 1999. Pada 2006, peluncurannya ditunda karena Sony tengah memperketat finansialnya dan sedang melakukan reorganisasi. Sekarang, Sony berencana untuk meluncurkan versi baru dari Aibo. Robot anjing baru ini akan dilengkapi dengan konektivitas internet dan juga kecerdasan buatan, menurut laporan Nikkei Asian Review

Robot ini akan dapat mengendalikan beberapa perabot rumah tangga dan menerima perintah suara, sama seperti ketika Anda menggunakan perangkat smart home buatan Amazon dan Google. Sony menyebutkan, mereka akan kembali membuat robot pada 2016. Ketika itu, mereka mengatakan sedang mengembangkan robot yang akan "memenangkan hati masyarakat". 

Presiden Sony, Kazuo Hirai berkata, tujuan dari pembuatan robot ini adalah untuk menawarkan pengalaman baru untuk pengguna dengan menggabungkan teknologi audio visual dan home entertainment Sony dengan teknologi terbaru dalam bidang robotik dan kecerdasan buatan atau AI. 

Tahun lalu, Head of Intellectual Property, Sony, Toshimoto Mitomo mengaku bahwa Sony sadar produk mereka terkait bidang AI kurang sukses. "Sebagai investor strategis, kami percaya, pembelajaran terus menerus adalah inti utama AI masa depan," kata Mitomo. 

Presiden dan CEO dari Sony Computer Science Laboratories, Hiroaki Kitano juga mengaku bahwa Sony masih kalah jika dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan raksasa lain yang telah mengembangkan AI seperti Facebook dan Google.

"Tapi masih ada area yang belum dimasuki, sebagian dalam dunia siber, tapi kebanyakan di dunia nyata," ujar Kitano. Dan kami memiliki sejumlah produk untuk penggunaan di dunia nyata. Kami membuat hardware. Itu kekuatan kami."


(MMI)