Twitter Tambah Kapasitas Kicauan Jadi 280 Karakter

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 08 Nov 2017 07:03 WIB
twitter
Twitter Tambah Kapasitas Kicauan Jadi 280 Karakter
Twitter resmi menghadirkan kapasitas karakter baru sebanyak 280 karakter kepada seluruh pengguna Twitter secara global.

Metrotvnews.com: Twitter mengaku puas dengan pengujian yang dilakukannya pada bulan September lalu, memungkinkan sejumlah pengguna untuk memanfaatkan kapasitas karakter dua kali lipat, dari 140 menjadi 280. Kini, batas karakter baru tersebut resmi telah dapat digunakan oleh pengguna Twitter secara global.

Selama masa pengujian, pengguna masih bisa memilih mengunggah tweet dengan jumlah karakter di bawah 140 karakter, dan Twitter mendukungnya dengan menyebut keringkasan yang dihadirkannya masih tetap tersedia. Jumlah tweet berbahasa Inggris yang mencapai batas karakter menurun dari 9 persen menjadi 1 persen dengan kapasitas yang telah ditambah.

Twitter menyebut, hal ini merefleksikan proses edit yang dilakukan pengguna pada unggahan menurun berkat batas karakter lebih banyak tersebut. Selain itu, Twitter juga menyebut dengan 280 batas karakter sebanyak 280 tersebut diharapkan memudahkan pengguna untuk menuangkan pendapat mereka dalam satu kicauan.

Selama pengujian, pengguna yang memanfaatkan ruang kapasitas ekstra tersebut punya peluang lebih besar untuk mendapatkan Like, Retweet, dan @mentions dari tweet. Kemampuan baru tersebut juga berikan peluang untuk mendapatkan lebih banyak pengikut, seperti yang dilaporkan Phone Arena.

Perlu diperhatikan, penulisan dalam bahasa Jepang, Tiongkok, dan Korea tidak didukung jumlah karakter baru tersebut, dan tetap akan didukung jumlah karakter sebanyak 140 karakter. Bahasa tersebut menggunakan jumlah karakter lebih sedikit untuk mengungkapkan sesuatu, sementara bahasa lain membutuhkan jumlah karakter lebih banyak untuk mengungkapkan hal yang sama.

Kemampuan terkait kapasitas karakter lebih banyak ini akan tersedia pada perangkat pengguna melalui update yang bergulir secara bertahap. Sementara itu, jumlah pengguna aktif bulanan Twitter dilaporkan naik 4 juta pada kuartal lalu, sedangkan pada kuartal sebelumnya, jumlah pengguna Twitter dilaporkan tidak mengalami pertumbuhan.

Sebelumnya, Product Manager Twitter, Jesar Shah mengumumkan bahwa mereka sedang mengembangkan fitur yang disebut "Save for Later". Seperti namanya, fitur ini memungkinkan Anda untuk menyimpan kumpulan kicauan pribadi yang akan bisa Anda lihat di kemudian hari.


(MMI)