Huawei P20 Resmi Muncul, Apa Kehebatannya?

Mohammad Mamduh    •    Selasa, 27 Mar 2018 23:58 WIB
huawei
Huawei P20 Resmi Muncul, Apa Kehebatannya?
Huawei P20 Pro

Jakarta: Huawei secara resmi mengumumkan P20, ponsel unggulan yang kembali menekankan kehebatan kamera Leica.

Dalam konferensi pers yang digaler di Prancis, Huawei mencoba memamerkan inovasi mereka dalam satu smartphone yang di dalamnya berisi komponen dan fitur canggih. Sesuai dengan rumor yang beredar, ini adalah ponsel pertama yang mengadopsi tiga kamera belakang.

Salah satu hal yang menarik adalah desain muka Huawei P20. Smartphone ini ikut membenamkan notch atau poni, tetapi dengan ukuran yang lebih kecil dari iPhone X. Untuk memastikan bahwa ponsel ini tidak meniru, Huawei memberikan pilihan kepada pengguna untuk mematikan poni melalui pengaturan di Settings.

Konsep menghapus ini membuat bar notifikasi di sekitar poni memancarkan warna hitam yang sama, sehingga poni tidak akan tampak.



Huawei P20 punya varian lebih canggih bernama P20 Pro. Keduanya mengusung konsep pemasangan kamera belakang yang sama. Kamera 40MP RGB dan 8MP telefoto berada dalam satu bingkai, sementara satu kamera 20MP monochrome berada di bingkai terpisah. Kamera ini dipasang memanjang vertikal.

Aspek menarik berikutnya adalah penyematan warna Twilight yang menyerupai bunglon. Warna ini akan terlihat seperti biru, ungu, atau hitam tergantung pencahayan saat orang melihatnya. Ini merupakan pilihan warna yang cukup inovatif.

Huawei P20 mengusung layar 6,1 inci beresolusi 1080 x 2240 piksel, yang di baliknya terpasang prosesor Kirin 970. Komponen berikutnya yang terpasang adalah RAM 6GB dan memori 128GB untuk versi Pro. Daya opersional didukung baterai 4.000 mAh, dengan fitur pengisian daya cepat.

Huawei P20 sudah tersedia untuk pasar global dengan harga EUR649 (Rp11 juta). Sementara Huawei P20 Pro baru dijual per 6 April dengan harga EUR899 (Rp15 juta).


(MMI)

ASUS Zenfone Max Pro M1, Pas untuk yang Suka Main Game Bareng
Review Smartphone

ASUS Zenfone Max Pro M1, Pas untuk yang Suka Main Game Bareng

2 hours Ago

Menjual daya tahan baterai yang awet dengan kebutuhan mobile gaming adalah perpaduan yang pas.

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.