Jaga Reputasi, Nokia 8 Tetap Tahan Banting

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 20 Dec 2017 15:13 WIB
nokia
Jaga Reputasi, Nokia 8 Tetap Tahan Banting
Nokia 8 adalah smartphone flagship.

Jakarta: Nokia, yang sempat menjadi raja di industri ponsel, dikenal berkat produknya yang memiliki bodi yang sangat kuat. Hingga sekarang, Anda bahkan masih bisa menemukan meme tentang betapa tangguhnya ponsel buatan Nokia.

Perusahaan asal Finlandia itu memang sempat berhenti membuat ponsel setelah menjual divisi mobile mereka ke Microsoft. Tahun ini, Nokia kembali masuk ke industri ponsel. Sejauh ini, Nokia telah meluncurkan 4 smartphone, yaitu Nokia 3,5, 6 dan 8. Seperti yang bisa Anda duga, Nokia 8 adalah smartphone flagship dari Nokia.

Pertanyaannya adalah apakah Nokia akan bisa mempertahankan reputasi mereka sebagai pembuat produk dengan bodi yang tangguh, kini mereka mulai membuat smartphone?

Seorang YouTuber, JerryRigEverything, mencoba untuk menguji ketangguhan dari smartphone flagship Nokia 8. Seperti biasa, pertama, Jerry menguji ketahanan layar dari smartphone ini.

Dia menggunakan Mohs' pick yang biasa digunakan untuk menentukan tingkat kekerasan sebuah mineral. Dia menyebutkan, sama seperti smartphone flagship lain, layar Nokia 8 mulai tergores pada level 6. 



Untuk ponsel premiumnya, Nokia menggunakan aluminium 6000 series -- bahan yang pernah Apple berhenti gunakan pada iPhone mereka karena menyebabkan ponsel itu bengkok.

Menariknya, ketika Jerry mencoba untuk membengkokkan Nokia 8, smartphone ini hampir tidak mengalami kerusakan apapun, baik ketika dia mencoba membengkokkan ponsel ini dari depan atau belakang. 



Selain itu, Jerry juga menggunakan cutter menggores tombol Home dan bagian belakang ponsel. Tombol Home terbukti tidak mengalami kerusakan, begitu juga bagian kamera depan dan belakang yang dilindungi kaca.



Sementara itu, bagian belakang Nokia 8 -- yang terbuat dari aluminium series 6000 yang teranodisasi -- bisa tergores. Bagian belakang Nokia 8 ini juga tergores ketika Jerry menggunakan kunci, tapi bekas goresan menghilang setelah diusap dengan tangan. 

Saat diuji dengan korek, setelah korek api didekatkan ke layar selama beberapa waktu, muncul lingkaran hitam pada layar. Namun, setelah sumber api dijauhkan, pixel pada layar pulih kembali. Anda bisa menonton berbagai pengujian yang dilakukan pada Nokia 8 dalam video di bawah ini. 




(MMI)

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018
CES 2018

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018

3 days Ago

Lenovo perkenalkan keluarga baru ThinkPad X1 yang terdiri dari tiga jenis perangkat sekaligus d…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.