Final Fantasy XV

Anda Sudah Bisa Main Final Fantasy XV Pocket Edition di Android dan iOS

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 09 Feb 2018 10:20 WIB
gamesfinal fantasy xv
Anda Sudah Bisa Main Final Fantasy XV Pocket Edition di Android dan iOS
Final Fantasy XV Pocket Edition tersedia di perangkat Android dan iOS.

Jakarta: Mengikuti kesuksesan Final Fantasy XV di PlayStation 4 dan Xbox One, Square Enix merilis versi mobile untuk perangkat Android dan iOS dari saga gamer RPG populer karyanya. Perilisan ini juga untuk menyambut peluncuran versi PC yang dijadwalkan pada 6 Maret.

Final Fantasy XV Pocket Edition terdiri dari 10 babak, mengikuti petualangan dari Noctics dan rekan dalam upayanya untuk menyelamatkan bangsa Lucis dan Nuflheim. Babak pertama game ini tersedia secara gratis, namun pemain harus mengeluarkan biaya guna memainkan sembilan babak lainnya.

Game ini ditawarkan dalam dua versi harga, yaitu seharga USD20 (Rp273.972) untuk sembilan babak lainnya, atau membeli setiap babak secara individual dengan kisaran harga dari USD0,99 (Rp13,561) hingga USD3,99 (Rp54.657).

Selain itu, Square Enix meluncurkan dua versi dari game ini, dengan versi paling dasar membutuhkan ruang penyimpanan 5GB, sementara versi beresolusi tinggi berkapasitas 8GB.

Untuk dapat menikmati game ini, pemain juga diharuskan memiliki smartphone dengan CPU 1,5GHz dan RAM setidaknya 2GB, serta menggunakan sistem operasi Android 5.0 dan versi terbaru.

Square Enix menyebut, bahkan pada sejumlah perangkat yang memiliki persyaratan tersebut, masih terdapat perangkat yang tidak mendukung game ini.

Karenanya, Square Enix menyarankan pemain untuk menginstal dan mencoba memainkan game babak pertama terlebih dahulu sebelum membeli game secara keseluruhan.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.