Waze Kini Bisa Pandu Perjalanan Pakai Sepeda Motor

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 30 Nov 2017 18:12 WIB
waze
Waze Kini Bisa Pandu Perjalanan Pakai Sepeda Motor
KIni aplikasi Waze menyediakan pilihan layanan untuk jenis kendaraan sepeda motor bagi penggunanya.

Jakarta: Jika selama ini aplikasi peta dan navigasi lebih ditujukan untuk pengendara mobil, Waze justru mengumumkan aplikasinya sudah bisa mendukung rute perjalanan untuk pengendara sepeda motor.

Seperti yang diketahui aplikasi peta dan navigasi seperti Google Maps juga belum menyediakan fitur perjalanan untuk kendaraan roda dua. Padahal, di Jakarta sendiri ada beberapa jalur yang tidak bisa dilalui sepeda motor.

Oleh sebab itu fitur terbaru aplikasi Waze kali ini akan sangat tepat bagi masyarakat Indonesia. Melalui keterangan pers yang dibagikan Waze hari ini, diumumkan bahwa fitur navigasi yang ditujukan oleh pengendara sepeda motor sudah dirilis global dan bisa dipergunakan di Indonesia.

Informasi yang ditampilkan tidak akan jauh berbeda dengan yang selama ini sudah disediakan oleh Waze mulai dari navigasi, kondisi jalan, serta laporan dari pengguna lainnya tapi kali ini dikurasi untuk pengguna sepeda motor.

Jadi pengguna sepeda motor bisa mengetahui jalur yang tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda dua dan juga rute tercepat yang bisa dilalui motor. Tidak seperti aplikasi lain yang menyediakan informasi navigasi untuk kendaraan roda dua.

Karena fitur terbarunya ditujukan untuk pengendarasepeda motor maka Waze juga membekali cara penggunaan baru, yakni menggunakan perintah suara. Pengendara tidak perlu lagi menyentuh layar smartphone ketika sedang mengemudi. Tentu saja pengemudi tetap dianjurkan fokus dan memerhatikan keselamatan berkendara.

Pihak Waze menyebutkan bahwa mereka sadar di beberapa negara kendaraan roda dua masih memiliki peran sebagai solusi transportasi bagi masyarakat perkotaan. Fitur ini sudah hadir untuk perangkat Android dan iOS.

Untuk menggunakannya, Anda cukup mengakses pengaturan di aplikasi Waze, lalu pilih jenis kendaraan. Pilih sepeda motor.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.