Verifikasi Nasabah, Bank Mulai Terapkan Selfie

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 06 Sep 2016 11:09 WIB
security
Verifikasi Nasabah, Bank Mulai Terapkan Selfie
Ilustrasi selfie. (Getty Creative)

Metrotvnews.com: Untuk menggantikan password, banyak bank yang bereksperimen menggunakan verifikasi biometrik. Saat ini, beberapa bank sedang mencari cara baru untuk memudahkan proses autentikasi para nasabah mereka di Inggris.

HSBC dan Barclays yang telah mencoba menggunakan pemindai sidik jari dan Voice ID melalui telepon. Sekarang, HSBC ingin menawarkan verifikasi selfie pada nasabah saat mereka akan melakukan pemeriksaan identitas ketika seseorang membuat rekening bank baru.

Menurut Engadget, HSBC akan membiarkan nasabah mengambil foto diri mereka menggunakan smartphone mereka dan membandingkannya dengan foto yang ada pada passport atau SIM mereka.

Para eksekutif HSBC percaya, hal ini akan menghemat waktu nasabah karena mereka tidak lagi perlu datang ke kantor cabang bank untuk melakukan verifikasi identitas.

"Kami juga menduga, kemudahan dan kecepatan yang ditawarkan oleh selfie akan membuat metode ini sebagai metode pilihan pengguna," kata Head of HR, Global Wealrth, Asset Management and Insurance HSBC, Richard Davies. 

Aplikasi yang digunakan oleh HSBC ini menggunakan teknologi pengenalan wajah yang akan membandingkan bagian tertentu dari wajah nasabah dengan foto yang digunakan pada dokumen legal di lebih dari 150 negara. 


(MMI)