Ini Keren! Ada Lampu yang Efisien dan Bangkitkan Suasana Hati

M Studio    •    Jumat, 18 Nov 2016 09:00 WIB
teknologi
Ini Keren! Ada Lampu yang Efisien dan Bangkitkan Suasana Hati
Pencahayaan yang baik dapat meningkatkan produktivitas Anda.

Metrotvnews.com: Tahukah Anda, pencahayaan dapat memengaruhi suasana hati dan produktivitas? Ya, pencahayaan ternyata tidak hanya penting untuk para fotografer saat mengambil foto, tapi juga memiliki pengaruh terhadap kegiatan Anda sehari-hari.

Inilah 5 hal yang dipengaruhi oleh pencahayaan, menurut Ember Light:

1. Suasana hati

Pencahayaan dapat memengaruhi suasana hati seseorang. Misalnya, sinar matahari dari jendela dapat menimbulkan efek yang menenangkan. Karena itulah, saat hari cerah, kita biasanya cenderung lebih optimistis dan bahagia. Hal ini terjadi karena cahaya pada siang hari terbukti meningkatkan level serotonin, hormon yang berfungsi untuk mencerahkan suasana hati.

Sebaliknya, kurangnya cahaya di dalam rumah atau pencahayaan dari lampu yang buruk dapat membuat suasana hati memburuk atau bahkan menimbulkan perasaan depresi. Karena itu, penting bagi Anda untuk memastikan bahwa pencahayaan di rumah memadai.

2. Produktivitas dan konsentrasi

Biasanya, tempat seperti sekolah dan kantor memiliki lampu yang terang. Mengapa begitu? Karena cahaya terang dapat membantu kita lebih fokus. Biasanya, demi menghemat biaya dan efisiensi, lampu yang digunakan di kantor dan sekolah adalah lampu TL atau lampu fluorescent.

Namun, lampu terang tidak selamanya memiliki dampak baik untuk Anda. Jika Anda menghabiskan waktu terlalu lama di tempat yang pencahayaannya terlalu terang, hal ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Karena itu, biasanya, perpustakaan menggunakan lampu dengan cahaya yang lebih "hangat" dengan tujuan membuat orang-orang merasa nyaman saat membaca.


Philips Hue

Di rumah, Anda bisa memasang lampu yang terang di ruang Anda bekerja. Tidak ada salahnya jika Anda memasang lampu cerdas, yang tingkat kecerahannya dapat disesuaikan. Dengan begitu, saat Anda perlu berkonsentrasi, Anda dapat meningkatkan keterangan yang dipancarkan lampu dan ketika Anda perlu bersantai, Anda dapat mengurangi tingkat kecerahan lampu tersebut.

Salah satu lampu cerdas yang akan tersedia di Indonesia dalam waktu dekat adalah Philips Hue berteknologi LED. Dengan lampu cerdas ini, selain mengubah tingkat kecerahan cahaya yang dipancarkan lampu, Anda juga dapat mengubah warna yang dipancarkan oleh lampu Philips Hue.

Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa membacanya di sini.

3. Siklus tidur

Siklus tidur kita biasanya dipengaruhi oleh kegiatan kita di siang hari. Studi menunjukkan, jika Anda terekspos cahaya terang pada malam hari, Anda akan terdorong untuk tidur lebih malam. Dan jika hal ini dibiarkan, pola tidur Anda akan berantakan. Pola tidur tidak teratur dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Untuk itu, sebaiknya, Anda menggunakan lampu yang tidak terlalu terang di kamar tidur. Tujuannya adalah untuk membantu Anda merasa mengantuk dan bersiap untuk tidur. Selain lampu kamar, hal lain yang harus Anda perhatikan adalah penggunaan gadget.

Saat ini, kita memang seolah tidak bisa lepas dari gadget. Namun, jika Anda ingin menggunakan gadget menjelang tidur, sebaiknya rendahkan level kecerahan layar atau jika ada, aktifkan mode membaca.

4. Mata

Cahaya, baik cahaya alami atau buatan, dapat memberikan efek buruk terhadap mata. Misalnya, menatap matahari secara langsung dapat menyebabkan kerusakan pada retina. Tidak hanya itu, cahaya lampu yang terlalu terang juga dapat merusak mata, seperti menyebabkan sakit kepala atau membuat Anda merasa lelah.

Saat keluar ruangan, sebaiknya gunakan kacamata hitam untuk menghindari teriknya matahari. Sementara saat Anda berada di dalam ruangan, sebaiknya sesuaikan tingkat kecerahan lampu yang ada saat mata Anda mulai merasa lelah. Ini saatnya Anda memetik manfaat menggunakan Philips Hue. Dengan lampu cerdas itu, Anda bisa menyesuaikan tingkat kecerahan cahaya melalui smartphone Anda. Sangat mudah dan praktis.

Philips Hue

Selain melalui aplikasi pada smartphone, Philips juga menyediakan Philips Hue Dimmer Switch, yang dapat Anda pasang di mana saja. Dimmer Switch berfungsi layaknya remote control sehingga Anda bisa menyesuaikan kecerahan yang dipancarkan oleh lampu Philips Hue.

5. Keputusan yang diambil

Studi menunjukkan, seseorang akan merasakan perasaan yang lebih intens saat berada di ruangan dengan cahaya terang. Sebaliknya, mengurangi intensitas perasaan yang Anda rasakan saat hendak mengambil keputusan.

Lima hal di atas menunjukkan bagaimana cahaya dapat mempengaruhi kehidupan kita. Setelah mengetahui bagaimana pencahayaan dapat mempengaruhi suasana hati, kita dapat memanfaatkan lampu di rumah untuk meningkatkan kualitas hidup, baik untuk membuat diri menjadi lebih produktif atau membuat waktu santai Anda lebih menyenangkan.

Untuk meningkatkan produktivitas, Anda bisa memasang lampu yang terang di ruang tempat Anda bekerja di rumah. Sebaliknya, di kamar tidur, sebaiknya Anda menggunakan lampu yang tidak terlalu terang. Namun, jika Anda ingin repot-repot menyesuaikan keterangan lampu untuk masing-masing ruangan, Anda bisa menggunakan lampu cerdas di rumah.

Berbeda dari lampu biasa, dengan menggunakan lampu cerdas seperti Philips Hue, Anda bisa menyesuaikan tingkat cahaya yang dipancarkan. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan pencahayaan di rumah sesuai keperluan Anda. Misal, untuk mendorong Anda bekerja dengan lebih produktif, meningkatkan kualitas tidur, atau membuat suasana lebih meriah saat Anda mengadakan pesta di rumah.

Anda bisa melihat bagaimana Philips Hue digunakan dalam kehidupan sehari-hari pada video di bawah ini:



Lampu cerdas seperti Philips Hue merupakan bagian dari smart home. Dalam konsep smart home, semua perangkat di rumah terhubung ke jaringan internet sehingga ia dapat dikendalikan melalui smartphone atau bahkan berkomunikasi satu sama lain.

Philips Hue

Selain itu juga, Philips memberikan penawaran khusus dan hadiah menarik bagi Anda yang melakukan Pre-order Philips Hue pada event Philips Lighting Week 17-20 November 2016 di Atrium Senayan City, Jakarta. Anda bisa mengikuti informasi selengkapnya pada laman Facebook resmi Philips, di sini.




(ROS)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

5 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /