Sony Hadirkan Dukungan Audio Bluetooth di Xperia X Concept Terbaru

Lufthi Anggraeni    •    Minggu, 19 Mar 2017 09:05 WIB
sony
Sony Hadirkan Dukungan Audio Bluetooth di Xperia X Concept Terbaru
Sony rilis firmware Concept for Android terbaru untuk perangkat Xperia X.

Metrotvnews.com: Sony baru saja merilis firmware Concept of Android terbaru untuk Xperia X. Firmware ini dilengkapi dengan AptX codec untuk audio hi-res, melalui koneksi Bluetooth, serta patch keamanan dari Google. 

Menurut Android Authority, firmware ini mengusung nomor seri 38.3.1.A.0.74 (Android 7.1.1) dan digulirkan untuk perangkat Xperia X yang terdaftar pada program Sony Concept for Android. Untuk saat ini, firmware tersebut dirilis sebagai bagian dari eksperimen.

Namun, Sony menyebut akan segera menghadirkan versi lebih stabil dari firmware tersebut. Pengguna lain juga dapat bergabung dengan program Concept for Android dengan mengunduh aplikasi Concept Installer resmi.



Update ini berukuran cukup kecil, yaitu di bawah 50 MB, namun mengharuskan perangkat memiliki hardware yang dibutuhkan. Hardware tersebut termasuk headphone Bluetooth atau speaker, serta AptX yang juga menjadi pendukung utama.

Sebelumnya, audio hi-res hanya tersedia untuk headphone yang didukung oleh dukungan LDAC. Sementara itu, update sebelumnya juga menghadirkan aplikasi kamera baru dan mode sarung tangan (glove).

Pada ajang MWC 2017 lalu, Sony juga mengumumkan empat smartphone Xperia terbarunya, termasuk Xperia XA1 dan XA1 Ultra. Kedua perangkat ini ditujukan Sony sebagai perangkat yang menyasar konsumen di kelas menengah.

Sementara itu, penjualan headset PlayStation VR dilaporkan lebih baik dari perkiraan yang diutarakan oleh Sony. Pada awal proses penjualannya, Sony mengakui perusahaannya kurang percaya diri terhadap perangkat ini.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.