Kanada Siap Bangun Pusat Peluncuran Roket Perdananya

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 20 Mar 2017 17:38 WIB
antariksa
Kanada Siap Bangun Pusat Peluncuran Roket Perdananya
Kanada akan miliki pusat peluncuran roket sendiri (foto: Pusat Peluncuran Roket SpaceX)

Metrotvnews.com: Kanada akhirnya akan memiliki pusat peluncuran roket luar angkasa sendiri.

Pusat peluncuran roket tersebut dibangun atas kerjasama perusahaan swasta Maritime Launch Services dengan perusahaan asal Ukraina.

Pusat peluncuran roket perdana Kanada ini rencananya akan dibangun mulai tahun depan di sebuah kota terpencil di wilayah pantai timur Nova Scotia.

Pantai timur Nova Scotia dipilih karena lokasinya yang sangat strategis dan dekat dengan laut. Pusat peluncuran roket memang sebaiknya dekat dengan laut karena lebih aman. Selain itu, pusat peluncuran roket juga harus jauh dari lingkungan penduduk karena suara peluncuran roket dapat sangat mengganggu aktivitas warga sekitar.

Menurut Engdaget, pihak Maritime Launch Services memiliki ambisi yang cukup tinggi. Mereka telah bersiap untuk meluncurkan roket perdananya melalui pusat peluncuran roket ini pada tahun 2020 mendatang.

Tidak hanya itu, pusat peluncuran roket ini juga ditargetkan akan memiliki delapan platform peluncuran yang pembangunannya dijadwalkan rampung pada tahun 2022.

Hingga saat ini roket yang dipastikan bisa meluncur di pusat peluncuran ini adalah roket Cyclone 4M produksi Ukraina. Belum ada kepastian apakah perusahaan lain bisa menggunakan pusat peluncuran ini.

Jika bisa, maka Kanada tidak perlu lagi mengirimkan roketnya ke Amerika Serikat untuk diluncurkan.


(MMI)

HP In-Ear Headset 150, Earphone Terjangkau Suara Jernih
Review Earphone

HP In-Ear Headset 150, Earphone Terjangkau Suara Jernih

4 days Ago

HP In-Ear Headset 150 menawarkan suara yang jernih dan desain yang nyaman dengan harga yang cuk…

BERITA LAINNYA
Video /