Berapa Harga Galaxy S8 dan S8 Plus?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 20 Feb 2017 11:17 WIB
samsung galaxysamsung
Berapa Harga Galaxy S8 dan S8 Plus?
Harga Galaxy S8 diperkirakan akan mencapai kisaran Rp13 jutaan. (AFP PHOTO / JUNG YEON-JE)

Metrotvnews.com: Baik iPhone 8 dan Samsung Galaxy S8 diduga akan menawarkan fitur yang jauh lebih baik dari pendahulunya, baik dari segi hardware maupun software. Telah beredar banyak rumor tentang spesifikasi dan fitur yang ada pada kedua ponsel tersebut. Namun, faktor lain yang akan diperhitungkan oleh konsumen adalah harga.

Kedua ponsel baru tersebut tampaknya akan memaksa konsumen menguras kantongnya. Kemungkinan, keduanya akan memiliki harga sekitar USD1,000. Bocoran harga iPhone 8 muncul beberapa waktu lalu, menyebutkan bahwa harganya dapat tembus Rp13 juta

Pada hari Jumat, Erazmus UA mengunggah daftar harga dari penjual asal Ukraina yang menunjukkan bahwa Galaxy S8 dihargai UAH25,999 atau setara dengan Rp12,8 juta. Sementara Galaxy S8 Plus akan dihargai UAH28,999 atau Rp14,3 juta.

Menurut laporan IB Times, pada daftar tersebut, tertulis "M64" pada nomor model perangkat, yang mungkin berarti kapasitas memori ponsel. Hal itu berarti, harga tersebut ditujukan untuk ponsel dengan kapasitas 64GB, yang diduga sebagai varian memori terendah. Kapasitas 32GB memang tersedia untuk jajaran Galaxy S7, tapi kemungkinan, ia tidak akan lagi ada untuk Galaxy S8. 

Dengan kata lain, harga terendah Samsung Galaxy S8 akan mendekati Rp13 jutaan. 

Menurut daftar itu, juga tertulis bahwa selain warna perak dan emas, Galaxy S8 juga akan tersedia dalam warna baru, yaitu Orchid Gray.

Alasan mengapa harga Galaxy S8 dan iPhone 8 meroket adalah karena keduanya diduga akan mendapatkan perombakan hardware.

Salah satunya adalah keduanya diperkirakan akan memiliki layar edge-to-edge, yang akan menghilangkan tombol Home yang ada pada ponsel generasi sebelumnya. Bagian depan dari kedua ponsel unggulan ini diperkirakan akan didominasi oleh layar.

Menariknya, Samsung akan menjadi pihak yang menyuplai OLED edge-to-edge untuk Galaxy S8 dan juga iPhone 8, yang memberikan untung besar pada perusahaan asal Korea Selatan tersebut.

Perubahan lainnya adalah keduanya diduga akan dilengkapi dengan kecerdasan buatan (AI) dan asisten virtual. Sementara iPhone 8 diperkirakan akan dilengkapi dengan Siri yang lebih canggih, Galaxy S8 diduga akan dilengkapi dengan asisten virtual buatan Samsung, Bixby, yang akan menggantikan fungsi S-Voice. 

Untuk mendukung fitur-fitur tersebut, kedua perangkat itu harus memiliki prosesor yang kuat. Baik Apple dan Samsung diperkirakan akan menggunakan prosesor 10nm untuk ponsel flagship mereka. Karena, prosesor baru tersebut menawarkan performa yang lebih baik dan konsumsi daya yang lebih efisien.

Samsng Galaxy S8 diperkirakan akan diluncurkan pada akhir Maret atau awal April. Sementara Apple diduga akan meluncurkan ponsel barunya pada bulan September atau Oktober. 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.