Perusahaan Teknologi AS Ikut Bantu Korban Gempa Sulawesi

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 03 Oct 2018 11:26 WIB
applegoogleGempa Donggala
Perusahaan Teknologi AS Ikut Bantu Korban Gempa Sulawesi
Kantor Google. (USA Today)

Jakarta: Peristiwa bencana alam gempa dan tsunami yang menimpa kota Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah menyita banyak perhatian dunia, termasuk perusahaan teknologi dan internet.

Tercatat Apple dan Google telah mengumumkan donasi untuk bencana alam yang terjadi pada Jumat 28 September 2018 lalu.

Hal ini terlihat jelas dari cuitan CEO Apple yakni Tim Cook. Cook mengungkapkan rasa duka cita atas peristiwa tersebut dan memberikan donasi senilai USD1 juta atau setara Rp15 miliar.
 

Hal serupa juga disampaikan oleh CEO Google yaitu Sundar Pichai, lewat organisasi non-profit Google.org milik perusahaannya. Mereka memberikan donasi dengan nilai yang sama dengan Apple, serta mengaktifkan fitur peringatan keselamatan untuk mempermudah berbagi informasi.
 
Dalam informasi yang dibagikan Coutry Strategic Parnertship Manager Google (YouTube) di akun Instagram miliknya, ada tiga teknologi yang diaktifkan Google lewat layanannya khusus berfokus bencana di Sulawesi Tengah. Pertama adalah fitur foto satelit di Google Map.

Google menyediakan fitur Google Crisis Map yang dapat membantu pemetaan daerah bencana. Kedua ada fitur Google Person Finder yang dimanfaatkan untuk membantu pencarian atau mengumumkan orang hilang yang diakibatkan bencana alam di Sulawei Tengah.

Terakhir peringatan SOS dan nomor informasi darurat akan langsung disediakan di mesin pencarian Google saat diakses.

Belum diketahui apakah ada perusahaan teknologi global lain yang melakukan hal serupa. Perusahaan media sosial seperti Facebook dan Twitter mengaktifkan fitur safety check untuk berbagi informasi.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.