HP Joy 2 dari JD.ID Incar Profesional Muda dan Pelajar

Mohammad Mamduh    •    Selasa, 02 Oct 2018 16:46 WIB
e-commerceJD.ID
HP Joy 2 dari JD.ID Incar Profesional Muda dan Pelajar
Peluncuran HP Joy 2 di Jakarta, Selasa 2 Oktober 2018

Jakarta: Bekerja sama dengan HP, e-commerce JD.ID hari ini mengumumkan laptop teranyar yang akan dijual secara eksklusif pada layanan mereka.

Laptop bernama HP Joy 2 ini merupakan generasi terbaru yang mengadopsi prosesor AMD A4. Pihak HP dan JD menyebutkan bahwa mereka ingin melanjutkan kesuksesan generasi sebelumnya.

“HP Joy mendapatkan reaksi yang cukup positif dari konsumen. Laptop ini laku sebanyak 1.600 unit dalam waktu enam bulan,” kata Head of Computer & Laptop Category JD.ID Dody Wijaya.

Seperti yang sudah dijelaskan, HP Joy 2 adalah laptop eksklusif JD.ID, yang punya nama asli HP 14-CM0091AU. Penggunaan nama Joy mengacu pada tagar JD.ID “Make Joy Happen”.

Apa yang menjadi target pasar JD.ID lewat HP Joy 2 adalah para professional muda yang baru mulai meniti karir, tau mereka para penggarap konten yang identik dengan software editing sekelas Adobe Photoshop.



HP Joy 2 juga ingin mengincar para pelajar yang memerlukan laptop untuk keperluan belajar, bukan untuk gaming.

Terkait spesifikasinya, HP Joy 2 membenamkan prosesor AMD A4-9125 2,3GHz. Prosesor dual-core ini diklaim menawarkan performa memadai dengan konsumsi daya maksimal 15W. HP Joy 2 juga membenamkan RAM 4GB dan penyimpanan 128GB.

Satu hal yang menarik adalah walaupun kelas pemula, laptop ini mengadopsi penyimpanan lewat M.2 SSD.

Sementara itu, HP Joy 2 menggunakan layar 14 inci belum Full HD, dengan ketebalan 19,9 mm dan bobot 1,47 kg. Laptop ini memang tergolong ringan di kelasnya.

Dengan spesifikasi tersebut, pihak AMD mengklaim bisa memenuhi produktivitas konsumen, terlepas dari prosesor dual-core yang dipakai. Alasannya, performa prosesor didorong oleh M.2 SSD yang punya kecepatan jauh lebih baik dari HDD.

Dalam pengujian singkat, pihak AMD mengklaim HP Joy 2 bisa memainkan beberapa game yang tersedia pada Windows Store, seperti Asphalt 9: Legend. Pihak JD.ID menargetkan laptop ini terjual hingga 10 ribu unit. HP Joy 2 tersedia untuk pasar Indonesia dengan harga Rp3.999.000.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.