Snap Kit Jadi API untuk Integrasi Pihak Ketiga

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 15 Jun 2018 12:29 WIB
snapchat
Snap Kit Jadi API untuk Integrasi Pihak Ketiga
Snapchat mengumumkan API baru memungkinkan pihak ketiga mengintegrasikan Snapchat di aplikasi mereka.

Jakarta: Snap Inc. memperkenalkan API baru bernama Snap Kit, memungkinkan pihak ketiga untuk mengintegrasikan fitur Snapchat ke dalam aplikasi mereka. Snap Kit terdiri dari empat sub-Kit, yaitu Creative, Login, Bitmoji, dan Story.

Kini Snap memungkinkan pihak ketiga untuk mengakses data pengguna, sehingga privasi menjadi hal yang paling diperhatikan. Snap mencoba memberikan solusi terkait privasi tersebut dengan menonaktifkan aplikasi yang tidak aktif digunakan selama 90 hari.

Selain itu, Snap juga mengaku hanya menyediakan data dasar seperti username pengguna dan Bitmoji. Saat pengguna berbagi data, pengguna hanya akan membagi data mereka dan tidak serta membagi data teman.

Creative Kit akan memungkinkan pihak ketiga untuk berbagi hal seperti pencapaian atau lagu kesukaan ke Snapchat. Pengembang akan dapat menciptakan stiker dan filter mereka, dan mengintegrasikannya pada kamera Snapchat. Kini pengguna akan mempunyai cara baru untuk membagikan pencapaian dengan rekan.

Melalui Login Kit, pengguna akan dapat mengimpor Bitmoji personal ke aplikasi lain untuk menambahkan lapisan kesenangan baru pada profil mereka. Pengembang dapat menggunakan Login Kit untuk menciptakan login temporer yang diklaim tetap aman dan tidak melacak aktivitas pengguna.

Untuk menjadikan layanan pesan lebih menarik pada platform lain, pengguna dapat memanfaatkan Bitmoji. Pengguna akan dapat menggunakan stiker Bitmoji personal untuk menambahkan lapisan personalisasi baru pada aplikasi.

Sementara itu, Story Kit akan memungkinkan pengembang untuk menyematkan Snapchat Stories kepada aplikasi dan layanan mereka untuk memamerkan komunitas tersebut. Hingga saat ini, Snap telah menarik perhatian aplikasi seperti Tinder, Pandora, Poshmark, dan SoundHound untuk mengintegrasikan API baru ini ke layanan mereka.

Pengembang yang tertarik untuk mengintegrasikan API baru Snap pada aplikasi mereka dapat mempelajari lebih lanjut di situs khusus Snap Kit yang telah tersedia. Sebelumnya, Snap memperkenalkan fitur baru bertajuk Clear Chats.

Fitur ini memungkinkan pengguna Snapchat menghapus pesan yang telah dikirim, baik pesan untuk individu atau pesan yang dikirimkan ke grup, tanpa terbatas pada kondisi bahwa pesan telah dibaca atau bahkan disimpan oleh penerima.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.