SAP Fokuskan Tiga Hal di Indonesia, Apa Saja?

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 08 Nov 2018 11:04 WIB
sapcorporatetransformasi digital
SAP Fokuskan Tiga Hal di Indonesia, Apa Saja?
SAP menyebut terfokus pada tiga hal terkait dengan transformasi digital di Indonesia.

Manila: Geliat transformasi digital dengan pemanfaatan teknologi sebagai inti yang tengah terjadi di berbagai negara, tidak terkecuali Indonesia, turut disambut baik oleh perusahaan teknologi dunia, termasuk SAP.

Untuk Indonesia, SAP mengaku terfokus pada tiga hal.

"Ada tiga hal yang kami fokuskan di Indonesia, yaitu pertumbuhan usaha kecil menengah, industri 4.0, dan pemerintahan dan negara digital," ujar President and Managing Director SAP Southeast Asia Claus Andresen.

Fokus di ranah usaha kecil menengah (UKM) disebut Andresen dilatarbelakangi pendapat bahwa jika ranah ini tidak bertumbuh dengan baik di suatu negara,  ekonomi di negara tersebut tidak akan tumbuh. Hal ini turut menghadirkan peluang bagi SAP untuk terus bermitra dengan lebih banyak UKM.

Sementara itu, Industri 4.0 yang tengah dicanangkan pemerintah Indonesia, mendorong perusahaan melibatkan otomasi dan teknologi guna mempermulus konektivitas antar pihak pada usaha di berbagai industri di Indonesia. Hal ini turut menarik perhatian dan menjadi fokus SAP di Indonesia.

Namun, tidak hanya menyoal bisnis, transformasi digital turut dinilai SAP perlu dilakukan oleh pemerintah, guna menciptakan pemerintahan yang transparan. Sementara itu, proses menjadi perusahaan cerdas atau intelligence enterprise juga disebut Andresen dapat diterapkan pada ketiga fokusnya tersebut.

Di ranah UKM, untuk merangkul lebih banyak konsumen guna meningkatkan skala mereka, UKM perlu menemukan platform perdagangan baru, saluran baru ke pasar, e-commerce dan sebagainya, selaras dengan definisi sebagai perusahaan cerdas yang memanfaatkan berbagai teknologi agar dapat terhubung dengan konsumen.

Sementara itu bagi perusahaan besar yang bertransformasi digital dan berkecimpung di Industri 4.0, perusahaan perlu menyederhanakan proses bisnis end-to-end mereka, dan memanfaatkan teknologi seperti AI dan lainnya.

Sebab, perusahaan cerdas disebut Andresen menjadi platform dasar bagi perusahaan untuk dapat berperan dalam revolusi industri 4.0 ini.

Untuk pemerintah, lanjut Andresen, meski bukan perusahaan, tapi pemerintah memiliki tugas untuk dapat terhubung ke pemangku kepentingan, yaitu masyarakat, dan menyuguhkan pelayanan terbaik, serta pengalaman berinteraksi terbaik, dan perlu transparan terutama terkait dengan keuangan negara untuk kepentingan masyarakat.

Selain itu, kemampuan turut menjadi hal yang terus didorong SAP dalam membantu Indonesia menjadi negara digital. Sebab kemampuan menjadi salah satu pendorong penting bagi perusahaan dalam melakukan transformasi digital, agar dapat lebih familiar dan memahami peluang yang dihadirkan oleh digitalisasi.

Karenanya, SAP mengaku terus berupaya membangun kerja sama dengan sektor publik maupun swasta dalam menghadirkan program pelatihan, guna meningkatkan kemampuan masyarakat di bidang teknologi. Salah satu upaya ini dilakukan SAP via kompetisi ASEAN Data Science Explore.

Andresen juga menyebut SAP terus berusaha bangun kerja sama dengan pihak swasta lain di Indonesia dan negara lain. SAP percaya bahwa untuk meningkatkan kemampuan teknik di suatu negara membutuhkan kerja sama dengan sejumlah beberapa pihak, tidak hanya di bidang teknologi, namun juga dengan pemerintah.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.