Jepang Anggap Smartphone Rusak Kesehatan Mata Anak

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 26 Dec 2018 13:17 WIB
smartphone
Jepang Anggap Smartphone Rusak Kesehatan Mata Anak
Ilustrasi. (Japan Times / Getty Images)

Jakarta: Kesehatan mata murid di Jepang memburuk dan pemerintah menganggap hal ini disebabkan oleh smartphone.

Survei yang belum lama ini diadakan oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Sains dan Teknologi dari Jepang menemukan bahwa jumlah murid yang tidak memiliki penglihatan yang sempurna mencapai 25,3 persen.

Selain itu, sekitar 67 persen dari siswa SMA dan 34 persen siswa SD juga memiliki mata yang tidak sehat. Pemerintah merasa, tren ini terjadi karena "meningkatnya durasi waktu yang dihabiskan untuk melihat ke arah layar smartphone dan bermain game mobile."

Industri gaming mobile di Jepang memang besar. Faktanya, negara itu adalah pasar gaming terbesar ketiga, mmenurut perusahaan riset pasar Newzoo. Sebagian besar gamer di Jepang, 41 persen gamer pria dan 32 persen gamer perempuan, memainkan game mobile, lapor Engadget

Satu hal yang harus diingat, menatap layar dalam waktu lama belum terbukti merusak kesehatan mata Anda. Para ahli hanya memeringatkan bahwa eksposur pada blue light yang dikeluarkan oleh smartphone dalam waktu lama dapat menyebabkan kelelahan pada mata. 

Jepang bukan satu-satunya negara yang mengalami masalah ini. Sebelum ini, Tiongkok, pasar gaming terbesar, juga menetapkan peraturan baru untuk melindungi kesehatan mata anak dan remaja.

Salah satu hal yang mereka lakukan adalah membatasi jumlah game online dan game baru yang dirilis. Selain itu, mereka juga membatasi durasi waktu anak dan remaja bermain game. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.