Alibaba akan Investasi di Grab?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 06 Apr 2018 13:10 WIB
alibabagrab
Alibaba akan Investasi di Grab?
Ilustrasi. (TechCrunch)

Jakarta: Tidak lama setelah mengakuisisi divisi Uber di Asia Tenggara, Grab berencana memperkuat posisinya dan mendapatkan dukungan dari raksasa e-commerce asal Tiongkok, Alibaba. 

Alibaba tengah mempersiapkan diri untuk menanamkan investasi di Grab, ungkap dua narasumber yang tahu tentang masalah ini pada TechCrunch. Sayangnya, masih belum diketahui jumlah investasi dari Alibaba tersebut.

Tidak hanya itu, belum diketahui kapan Alibaba akan menanamkan investasi ini, mengingat badan anti-trust tengah sibuk melakukan penyelidikan soal akuisisi Uber oleh Grab. Komisi Kompetisi Singapura berkata, ada alasan mengapa merger Grab-Uber melanggar hukum. 

Grab menolak untuk berkomentar sementara juru bicara Alibaba berkata bahwa mereka tidak akan mengonfrimasi rumor yang beredar. 

Alibaba dan Grab pertama kali membahas tentang potensi investasi pada musim panas tahun lalu. Namun, diskusi itu tidak pernah berlanjut karena Alibaba ingin fokus untuk menanamkan investasi di Tokopedia, startup unicorn asal Indonesia.

Alasan Alibaba lebih mementingkan investasi tersebut adalah karena rival utama mereka, Tencent, juga sedang membahas diskusi tentang investasi di startup Indonesia, negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara. 

SoftBank dianggap sebagai dalang dibalik suksesnya konsolidasi Grab dan Uber. Dan kini merger itu telah sukses, Alibaba akan menanamkan investasi di Grab. Ini menjadi waktu yang tepat untuk Grab.

Memang, mereka masih memiliki banyak uang kas dari investasi-investasi sebelum ini. Namun, pesaing mereka, Go-Jek, tengah mempersiapkan diri untuk melakukan ekspansi ke negara-negara lain di Asia Tenggara. Karena itu, Grab harus mempersiapkan diri menghadapi persaingan baru. 


(MMI)

Oppo F7, Kamera Bagus Berkat Kecerdasan Buatan
Review Smartphone

Oppo F7, Kamera Bagus Berkat Kecerdasan Buatan

1 day Ago

Oppo menghadirkan pengalaman menggunakan kamera dan hasil foto yang baik dan menyenangkan, berk…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.