Apple Bakal Rilis Jam Tangan Pintar Generasi ke-4

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 29 Mar 2018 08:30 WIB
apple
Apple Bakal Rilis Jam Tangan Pintar Generasi ke-4
Apple Watch 3 LTE.

Jakarta: Tahun 2018 tampaknya akan menjadi waktu Apple memperbarui seluruh produknya, termasuk jam tangan pintar. Setelah Apple Watch 3 LTE menjadi jam tangan pintar paling populer di pasar, kini Apple dikabarkan tengah menggarap generasi terbarunya.

Firma KGI Securities membeberan kabar bahwa Apple di 2018 akan menyiapkan Apple Watch 4 yang memiliki layar lebih lebar dan daya tahan baterai yang lebih lama.

Dikutip dari The Next Web, KGI Securities menyebutkan bahwa jam tangan pintar terbaru Apple akan memiliki layar 15 persen lebih lebar dari seri yang ada saat ini yaitu 38mm dan 42 mm.  Pihak KGI Securities tidak menyebutkan apakah ukuran bingkainya akan bertambah lebar atau tidak.

Apabila ukuran bingkai Apple Watch makin besar, kemungkinan jam tangan pintar tersebut akan memiliki bezel yang semakin tipis. Kemudian, soal baterai, KGI Securities belum mendapatkan kepastian berapa lama daya tahan Apple Watch 4 bisa bertahan.

KGI Securities mengeluarkan prediksi tersebut berdasarkan analisis bahwa jam tangan pintar ini akan memiliki fitur terbaru berupa sensor kesehatan yang bisa membaca dari pergelangan tangan.

Alhasil, untuk memiliki fitur tersebut, Apple Watch terbaru ini harus memiliki daya tahan baterai yang lebih laman dibandingkan produk yang ada saat ini, dan hanya mampu bertahan sehari saja dengan sekali pengisian daya.

KGI Securities juga memprediksi bahwa penjualan jam tangan pintar Apple di tahun ini mencapai 22-24 juta unit, meningkat 30 persen dari tahun ke tahun. Kemungkinan besar produk ini baru akan diketahui saat Apple menggelar acara iPhone tahunannya di bulan September nanti.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.