Dua Model iPhone 2018 Pasang Kartu SIM dan Apple SIM?

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 02 Jul 2018 13:35 WIB
apple
Dua Model iPhone 2018 Pasang Kartu SIM dan Apple SIM?
Apple dikabarkan mempersiapkan dua model berkemampuan dual SIM dual standby untuk diluncurkan pada 2018.

Jakarta: Sebuah laporan yang dirilis oleh 21st Century Business Herald menyebut bahwa dua dari tiga model iPhone baru yang akan diumumkan September mendatang, akan dibekali dengan kemampuan slot SIM ganda berkemampuan siaga secara bersamaan.

Namun, unit dengan bekal slot yang menerima dua kartu SIM ini hanya akan dipasarkan di Tiongkok. Di negara lain, dua dari tiga model iPhone 2018 akan dilengkapi dengan slot kartu tunggal dan akan didukung oleh Apple SIM virtual untuk mendukung fitur SIM ganda.

Sebagai informasi, Apple SIM diluncurkan pada tahun 2014, dan disematkan di bagian dalam Apple iPad Air 2. Apple SIM memungkinkan pengguna mengubah penyedia layanan selulernya dengan cepat, pada operator yang menawarkan harga, konektivitas, atau fitur terbaik.

Apple SIM telah didukung di 180 negara, namun Tiongkok bukan salah satu dari negara tersebut. Hal ini menjelaskan alasan dua dari tiga model iPhone 2018 yang akan diluncurkan pada tahun ini akan berbekal slot kartu SIM ganda.

Menurut laporan tersebut, menambahkan kemampuan siaga pada kedua kartu SIM di iPhone diperkirakan akan menggenjot penjualannya di pasar Asia dan Afrika.

Statistik dari China Internet Network Information Center menyebut bahwa tiga juta hingga empat juta pemilik smartphone di Tiongkok menggunakan sejumlah kartu SIM.

Selain itu, sejumlah konsumen di Tiongkok juga dilaporkan lebih memilih untuk membeli ponsel bersistem operasi Android akibat absennya dukungan SIM ganda pada iPhone, serta kapasitas baterai lebih rendah dari 3.000 mAh.

Namun, iPhone disebut memiliki pengaruh lebih besar di Tiongkok jika dibandingkan dengan perangkat Android. Informasi tersebut dinilai meningkatkan pengaruh iPhone dan berpotensi akan menjadi tantangan bagi produsen smartphone Android di Tiongkok.

Sebagai informasi, kemampuan siaga pada kedua kartu SIM (dual SIM dual standby) berarti bahwa pengguna harus memilih satu dari dua kartu sebagai penyedia layanan untuk melakukan atau menerima panggilan telepon.

Sementara itu, Dual SIM Active memungkinkan kedua kartu menerima panggilan telepon secara bersamaan.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.