Makin Seru, Instagram Bisa Video Chat Picture-in-Picture

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 27 Jun 2018 09:13 WIB
instagram
Makin Seru, Instagram Bisa Video Chat Picture-in-Picture
Instagram video chat. (Instagram)

Jakarta: Instagram siap memasang fitur baru yang sudah resmi hadir di Instagram iOS dan Android.

Salah satu fitur baru yang paling menarik adalah video chat atau serupa video call di aplikasi Instagram. Medcom.id memantau ada permintaan untuk update aplikasi Instagram di layanan Google Play Store, tapi Instagram tidak membeberkan apa isi update tersebut.

Langkah tersebut sama seperti update Instagram beberapa hari lalu yang menghadirkan IGTV terintegrasi di dalamnya. Apabila Anda memiliki percakapan Direct Message yang pernah dilakukan, buka percakapan tersebut dan lihat ikon di sudut kanan atas.

Anda akan menemukan ikon berupa kamera yang akan langsung membuat tampilan video chat, nantinya teman yang Anda ajak video chat akan menerima notifikasi video chat dari Anda.

Lewat blog resmi Instagram dijelaskan, selagi  melakukan video chat, Anda tetap bisa melakukan mengerjakan aktivitas lainnya karena tersedia ikon Picture-in-Picture yang akan mengecilkan kolom video chat ke sudut kanan bawah layar.



Instagram menyebutkan Anda bisa sambil mengecek feed Instagram termasuk mengunggah konten baru sambil melakukan video chat. Jadi Anda dan teman video chat bisa sama-sama membahas konten yanag sama di Instagram sambil melakukan video chat.

Tidak sampai disitu saja, video chat ini juga mendukung group video chat hingga empat pengguna sambil tetap bisa melakukan multitasking. Artinya Anda bisa bersama-sama membahas konten yang sedang dilihat di Instagram sambil melakuakan group video chat.

Instagram juga menjelaskan bahwa akun yang Anda block tidak akan bisa melakukan ajakan video chat ke Anda. Apabila Anda merasa terganggu dengan ajakan video chat dari akun yang tidak diblokir, tersedia mute video chat yang berlaku untuk setiap akun.

Fitur video chat di Instagram kali ini akan menjadi senjata untuk bersaing dengan layanan serupa yang merupakan kompetitor langsung Instagram seperti Snapchat, FaceTime, Houseparty, dan saudaranya yaitu Facebook Messenger.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.