Xiaomi Mi 5c, Ponsel Pertama yang Pakai Prosesor Sendiri

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 01 Mar 2017 11:14 WIB
xiaomi
Xiaomi Mi 5c, Ponsel Pertama yang Pakai Prosesor Sendiri
Xiaomi Mi 5c.

Metrotvnews.com: Mengikuti jejak Apple dan Huawei, Xiaomi mengumumkan Mi 5c, ponsel yang menggunakan prosesor pertama buatan sendiri, Surge S1.

Mi 5c terlihat seperti versi lebih terjangkau dari Mi 5 yang diluncurkan tahun lalu. Sama seperti ponsel itu, Mi 5c memiliki layar 5,15 inci. Namun, ia hanya memiliki RAM 3GB, kamera belakang 12MP dan baterai berdaya 2.860 mAh. Sebagai perbandingan Mi 5 memiliki RAM 4GB, kamera belakang 16MP dan bateri 3.000 mAh. 

Namun, seperti yang disebutkan oleh CNET, Mi 5c jauh lebih terjangkau. Ia dihargai CNY1,500 atau sekitar Rp2,9 juta. Ia akan diluncurkan pada tanggal 3 Maret di Tiongkok. Sementara Mi 5 dihargai CNY2,700 (Rp5,2 juta) tahun lalu.

Mi 5c menggunakan prosesor Surge S1 dengan kecepatan 2.2GHz, buatan Pinecone, salah satu divisi Xiaomi yang dibuat 2 tahun lalu. Xiaomi mengklaim, Surge S1 buatan  mereka mengalahkan performa Snapdragon 625, prosesor kelas menengah dari Qualcomm. 

Xiaomi Mi 5c

Xiaomi Mi 5c memiliki layar dengan resolus 2560 x 1600. Untuk masalah kamera depan, ia dilengkapi dengan kamera 8MP dengan memori internal 64GB. Ponsel yang sudah menggunakan Android 7.1 Nougat ini akan tersedia dalam 3 varian yaitu Rose Gold, Hitam dan Emas. Sama seperti ponsel-ponsel Xiaomi sebelumnya, ia menggunakan MIUI.

Xiaomi menjadi manufaktur ponsel keempat yang membuat prosesornya sendiri setelah Apple, Samsung dan Huawei. Secara teori, hal ini memungkinkan perusahaan asal Tiongkok itu untuk menekan ongkos produksi sehingga mereka bisa menjual ponsel dengan harga semakin murah. Hal ini juga akan mendukung operasi mereka di Tiongkok.

Saat ini, Mi 5c dijual eksklusif di Tiongkok. Tidak tertutup kemungkinan ia akan dibawa ke Indonesia. 


(MMI)

Lenovo K6 Power, Saat Baterai adalah Segalanya
Review Smartphone

Lenovo K6 Power, Saat Baterai adalah Segalanya

11 hours Ago

Melihat sepak terjang Lenovo selama ini, mereka tampaknya sadar betul bahwa konsumen Indonesia …

BERITA LAINNYA
Video /