Netflix akan Tawarkan Biaya Langganan Lebih Murah?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 19 Nov 2018 12:20 WIB
netflix
Netflix akan Tawarkan Biaya Langganan Lebih Murah?
Netflix mungkin akan menyediakan biaya langganan yang lebih murah. (Photo by Lionel BONAVENTURE / AFP)

Jakarta: Jumlah pengguna Netflix yang menjadikan perangkat mobile sebagai alat utama untuk menonton terus meningkat. Karena itu, tidak heran jika Netflix dikabarkan berencana membuat biaya langganan khusus untuk orang yang hanya menonton di perangkat mobile.

Menurut laporan koran Malaysia The Star, Netflix tengah mempertimbangkan membuat paket baru yang 50 persen lebih murah dari biaya langganan biasa.

Menurut Recode, sebanyak 35 persen pelanggan Netflix mendaftarkan diri melalui ponsel dan tablet. Selain itu, pertumbuhan pengguna mobile Netflix, terutama di negara-negara yang lebih sering menggunakan perangkat mobile daripada TV atau komputer, juga konstan.

Director of Product Innovation, Netflix, Cameron Johnson, mengatakan bahwa 60 persen dari pelanggan Netflix kini membuka aplikasi Netflix setidaknya satu kali untuk menonton video.

Salah satu strategi Netflix adalah untuk membuat tool yang lebih baik pada aplikasi sehingga pengguna bisa mengunduh konten dengan lebih mudah.

Ini menunjukkan bahwa Netflix memang ingin mengakomodasi orang-orang yang lebih sering menggunakan perangkat mobile. Tampaknya, salah satu hal lain yang akan mereka lakukan adalah menyediakan biaya langganan yang lebih murah.

Tampaknya Netflix akan menguji paket langganan baru ini secara global. Ini masuk akal mengingat perangkat mobile adalah perangkat pilihan konsumen di Asia dan Asia Timur.

Di benua yang mengenal internet melalui perangkat mobile, seperti Asia dan Afrika, pengguna mobile terus naik secara konsisten. Meskipun penggunaan perangkat mobile di Amerika Serikat juga mengalami kenaikan, tapi kenaikan itu tidak terlalu besar.

Netflix juga tampaknya ingin memperluas jangkauan mereka di pasar internasional, mengingat sebagian besar pengguna mereka datang dari berbagai negara di dunia.

Saat ini, hampir 79 juta pelanggan Netflix dari total 137 juta berasal dari berbagai negara. Menawarkan paket langganan baru yang ditujukan untuk orang-orang yang hanya menggunakan perangkat mobile akan membantu mereka untuk tumbuh.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.