15 Tahun Facebook, Bermula dari Kamar Asrama Zuckerberg

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 05 Feb 2019 06:12 WIB
media sosialfacebook
15 Tahun Facebook, Bermula dari Kamar Asrama Zuckerberg
Facebook berulang tahun yang ke-15. (Photo by KIMIHIRO HOSHINO / AFP)

Jakarta: Mark Zuckerberg meluncurkan Facebook pada 4 Februari 2004, tepat pada 15 tahun yang lalu. 

Sejak itu, Facebook berhasil menjadi media sosial paling populer di dunia. Kekayaan Zuckerberg mencapai lebih dari USD60 miliar. 

Zuckerberg masih menjadi mahasiswa di Harvard University ketika dia membangun Facebook bersama dengan mahasiswa lain, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovits, dan Chris Hughes, lapor Business Insider

"Mungkin, ini akan menjadi tren berikutnya dalam teknologi?" tanya pembawa berita CNBC pada Zuckerberg pada 2004, tiga bulan setelah Zuckerberg meluncurkan situs yang disebut "TheFacebook". 

Seperti inilah tampilan pertama Facebook. Ketika itu, Facebook hanya berfungsi sebagai daftar mahasiswa di Harvard. Pada 2004, Zuckerberg memutuskan untuk tidak melanjutkan kuliahnya untuk mengembangkan Facebook. 



"Ketika kami pertama kali meluncurkan situs ini, kami berharap akan mendapatkan pengguna sekitar 400, 500 orang," kata Zuckerberg saat itu.

"Sekarang, kita memiliki lebih dari 100 ribu orang pengguna, jadi, kami tidak tahu apa yang akan kami lakukan. Mungkin kami akan membuat sesuatu yang benar-benar keren."

Dan sekarang, jumlah pengguna Facebook telah mencapai 2,32 miliar, hampir sepertiga dari poplasi dunia. Dalam 15 tahun, bisnis Facebook juga berkembang dengan sangat cepat.

Mereka bahkan berhasil mengakuisisi perusahaan seperti Instagram dan WhatsApp dan kini menjadi perusahaan teknologi terbesar di dunia, lapor The Indepent

Facebook pindah ke kantor kecil di Palo Alto, California. Pada Mei 2005, Facebook mendapatkan pendanaan USD14 juta. New York Times menyebut Zuckerberg sebagai "21 tahun jenius". 

Seiring dengan pertumbuhan Facebook, kekayaan Zuckerberg juga bertambah. Pada 2008, dia masuk ke Daftar Milyarder Dunia Forbes untuk kali pertama, dengan kekayaan USD1,5 miliar. Dia adalah milyarder termuda dalam daftar dengan 1.125 milyarder. 

Pada 2012, Facebook melakukan penawaran saham perdana di New York Stock Exchange. Ketika itu, IPO Facebook adalah yang terbesar dalam sejarah. 

Dalam beberapa tahun kemudian, Zuckerberg mulai fokus pada sisi bisnis dan melakukan akuisisi, termasuk Instagram senilai USD1 miliar pada 2012 dan WhatsApp senilai USD19 miliar pada 2014. Pada Maret 2014, Facebook juga membeli perusahaan virtual reality Oculus senilai USD2 miliar. 



Karir Zuckerberg memasuki fase baru pada 2015, ketika dia dan istrisnya, Priscilla Chan meluncurkan Chan Zuckerberg Initiavive. Keduanya akan memberikan 99 persen dari nilai saham Facebook untuk amal dengan tujuan untuk mendorong keadilan dan meningkatkan taraf hidup manusia. 

Facebook mulai bermasalah dengan pemerintah Amerika Serikat ketika platform media sosial itu dituduh memiliki peran besar dalam pemilu AS pada 2016. Pada 2018, diketahui bahwa perusahaan konsultasi Inggris, Cambridge Analytica mendapatkan data pribadi dari 87 juta pengguna Facebook untuk memenangkan Donald Trump. 

Kepemimpinan Zuckerberg kembali dipertanyakan pada November 2018, saat New York Times melaporkan bahwa Facebook tahu bahwa Rusia berusaha untuk ikut campur dalam pemilu AS tapi menunggu lebih dari satu tahun sebelum melaporkan hal itu. 

Belakangan, Facebook juga diterpa berbagai skandal, seperti bobolnya keamanan sistem yang menyebabkan bocornya data dari puluhan juta pengguna.

Masih belum diketahui bagaimana masa depan Facebook. Satu hal yang pasti, Mark Zuckerberg telah jauh lebih sukses dari ketika dia meluncurkan Facebook dari kamar asramanya di Harvard pada 2004. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.