Netflix Tambah Film Lokal dan Pasang Teks Bahasa Indonesia

Mohammad Mamduh    •    Jumat, 19 Oct 2018 13:50 WIB
teknologinetflix
Netflix Tambah Film Lokal dan Pasang Teks Bahasa Indonesia
Ilustrasi.

Jakarta: Netflix secara resmi mengumumkan kehadiran teks Bahasa Indonesia untuk semua film yang tersedia dalam layanannya.

Hal ini disampaikan pihak Netflix kepada sejumlah wartawan di Jakarta, Kamis 18 Oktober 2018. Mereka mengatakan bahwa fitur ini hadir untuk memberikan relevansi kepada konsumen. Terjemahan teks bahasa Indonesia sudah bisa dilihat pengguna Netflix melalui pilihan Subtitle saat menonton.

“Saat ini progresnya 85 persen. Terjemahan teks Bahasa Indonesia sudah ada di beberapa film populer,” kata Corporate Communication Netflix Asia Tenggara Kooswardini Wulandari.

Ia juga menyebutkan, saat ini banyak pengguna Netflix yang menyukai penggunaan teks bahasa Inggris saat menonton. Nantinya, ada beberapa film lokal yang menyediakan teks bahasa Inggris.

“Ini cocok untuk konsumen luar Indonesia yang tertarik menonton film lokal,” kata Kooswardini.

Untuk pengembangannya, Netflix menggarap teks Bahasa Indonesia ini lewat tim internal dan menggandeng vendor luar. Ini menjadi jawaban Netflix yang mulai memperhatikan konsumen Indonesia, yang jumlah pelanggannya dinilai terus bertambah.

Langkah berikutnya yang diambil Netflix untuk pasar Indonesia adalah dengan menambah konten lokal. Mereka mulai menggarap beberapa film eksklusif atau yang biasa disebut Netflix Original, dengan menggaet rumah produksi asal Tanah Air.

Salah satu film teranyar adalah The Night Comes for Us, film aksi yang disutradarai Timo Tjahjanto, dibintangi Joe Taslim, Julia Estelle, Dian Sastrowardoyo dan Iko Uwais.

Sebelumnya, Netflix telah menggandeng beberapa operator telekomunikasi seperti XL Axiata, Bolt, Hutchinson 3 Indonesia, dan Smartfren untuk paket data khusus streaming video.

Dalam laporan kuartal ketiga yang dirilis kemarin, Netflix berhasil mengantongi jumlah tujuh juta pelanggan dalam waktu tiga bulan. Angka tersebut dilaporkan di dominasi oleh pelanggan baru dari luar Amerika Serikat yang menyumbang angka 5,87 juta.

Apabila dihitung berdasarkan jumlah seluruh dunia, Netflix sudah memiliki 137,1 juta pelanggan. Pengamat bisnis mempredikasi bahwa di akhir 2018 nanti, Netflix akan memiliki 146,5 juta pelanggan.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.