Pandora Bakal Ikut Ciptakan Layanan Musik Streaming?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Minggu, 21 Aug 2016 14:07 WIB
teknologi
Pandora Bakal Ikut Ciptakan Layanan Musik Streaming?
Pandora dikabarkan akan menyediakan layanan streaming musik on-demand.

Metrotvnews.com: Pandora, salah satu pemain paling tua di industri musik, tampaknya kini juga akan menyediakan layanan musik streaming dan tidak sekadar menawarkan layanan radio.

Sebuah laporan menyebutkan bahwa Pandora sebentar lagi akan meluncurkan layanan ini setelah mengakuisisi Rdio tahun lalu. Hal ini berarti, Pandora harus siap bersaing dengan penyedia layanan streaming lainnya, seperti Spotify, Apple Music, dan Tidal.

Menurut Wall Street Journal, Pandora hampir mendapatkan lisensi dari berbagai label musik besar. Layanan musik streaming baru ini dapat diluncurkan di bulan September paling cepat. Narasumber WSJ menyebutkan, Pandora akan menawarkan 3 jenis layanan, termasuk layanan radio gratis yang telah ada saat ini.

Slash Gear menyebutkan, Pandora One, layanan bebas iklan seharga USD5 per bulan juga akan tetap dipertahankan. Namun, ia akan tetap berfungsi sebagai layanan stasiun radio dengan tema tertentu.

Sang pengguna hanya dapat memilih artis pertama. Dikabarkan, layanan ini akan mendapatkan upgrade berupa kesempatan lebih banyak untuk melewati lagu yang pengguna tidak sukai dan juga opsi offline.

Layanan baru yang ditawarkan oleh Pandora akan memberikan layanan musik streaming on-demand dengan harga berlangganan USD10 per bulan. Pandora memiliki puluhan juga lagu, yang disebutkan dapat menyaingi para pesaingnya. Pada awalnya, layanan ini akan tersedia di AS sebelum ia akan diluncurkan secara perlahan di negara-negara lain.

Terlihat jelas bahwa Pandora berusaha untuk bersaing dengan layanan lainnya, seperti Spotify dan Apple Music. Kedua layanan musik itu berusaha untuk menarik pelanggan dengan memberikan konten eksklusif.

Salah satu kelebihan Pandora dari layanan musik lain yang ada saat ini adalah karena ia telah memiliki banyak pengguna, terutama pengguna gratis. Jika mereka berhasil mendorong sebagian pengguna gratis mereka menjadi pengguna berbayar, maka Pandora dapat bersaing di industri musik streaming.


(MMI)