Oculus Touch Dijual Desember, Harga 2,6 Juta

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 07 Oct 2016 11:11 WIB
oculus
Oculus Touch Dijual Desember, Harga 2,6 Juta
Oculus Touch. (Oculus via AP)

Metrotvnews.com: Dalam konferensi Oculus Connect, Oculus mengumumkan bahwa controller untuk Rift, Oculus Touch akan tersedia pada tanggal 6 Desember seharga USD199 (Rp2,6 juta). Pre-order untuk Touch akan dibuka pada tanggal 10 Oktober.

Menurut The Verge, Touch akan dipaketkan dengan 2 game -- VR Sports Challenge dan The Unspoken -- dan kamera kedua. Selain itu, akan ada beberapa game lain yang dirilis untuk Touch. Dua di antaranya adalah game sci-fi shooter Arktika dan Lone Echo dari Ready at Dawn. 

Oculus juga mengumumkan keberadaan sensor ketiga yang akan melengkapi Touch dengan fitur room-scale. Sensor yang dihargai USD79 (Rp1 juta) ini akan dirilis bersamaan dengan Touch. Engadget menyebutkan, fitur room-scale merupakan fitur pemetaan 3D dari ruangan tempat pengguna berada. Fitur ini membuat game dan konten VR lainnya menjadi terasa semakin nyata karena pengguna dapat bergerak saat menggunakan Rift. 

Keputusan Oculus untuk menambahkan fitur room-scale dengan sensor ekstra bukanlah hal yang mengejutkan. Di bulan Juli lalu, software Oculus Home telah mendukung penggunaan lebih dari satu sensor. Oculus juga bukan satu-satunya perusahaan VR yang melakukan hal ini. Pada Vive, HTC juga telah menanamkan fitur 3D room-scale yang dapat dimanfaatkan oleh para developer.

Mengingat Touch dan sensor ekstra ini dijual secara terpisah, maka untuk mendapatkan paket hardware Oculus Rift yang lengkap, Anda perlu membayar sekitar USD877 (Rp11,4 juta). Sebagai perbandingan, HTC Vive dihargai USD799 (Rp10,4 juta).


(MMI)