Oculus Touch Dijual Desember, Harga 2,6 Juta

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 07 Oct 2016 11:11 WIB
oculus
Oculus Touch Dijual Desember, Harga 2,6 Juta
Oculus Touch. (Oculus via AP)

Metrotvnews.com: Dalam konferensi Oculus Connect, Oculus mengumumkan bahwa controller untuk Rift, Oculus Touch akan tersedia pada tanggal 6 Desember seharga USD199 (Rp2,6 juta). Pre-order untuk Touch akan dibuka pada tanggal 10 Oktober.

Menurut The Verge, Touch akan dipaketkan dengan 2 game -- VR Sports Challenge dan The Unspoken -- dan kamera kedua. Selain itu, akan ada beberapa game lain yang dirilis untuk Touch. Dua di antaranya adalah game sci-fi shooter Arktika dan Lone Echo dari Ready at Dawn. 

Oculus juga mengumumkan keberadaan sensor ketiga yang akan melengkapi Touch dengan fitur room-scale. Sensor yang dihargai USD79 (Rp1 juta) ini akan dirilis bersamaan dengan Touch. Engadget menyebutkan, fitur room-scale merupakan fitur pemetaan 3D dari ruangan tempat pengguna berada. Fitur ini membuat game dan konten VR lainnya menjadi terasa semakin nyata karena pengguna dapat bergerak saat menggunakan Rift. 

Keputusan Oculus untuk menambahkan fitur room-scale dengan sensor ekstra bukanlah hal yang mengejutkan. Di bulan Juli lalu, software Oculus Home telah mendukung penggunaan lebih dari satu sensor. Oculus juga bukan satu-satunya perusahaan VR yang melakukan hal ini. Pada Vive, HTC juga telah menanamkan fitur 3D room-scale yang dapat dimanfaatkan oleh para developer.

Mengingat Touch dan sensor ekstra ini dijual secara terpisah, maka untuk mendapatkan paket hardware Oculus Rift yang lengkap, Anda perlu membayar sekitar USD877 (Rp11,4 juta). Sebagai perbandingan, HTC Vive dihargai USD799 (Rp10,4 juta).


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.