NASA Ciptakan Roda Baru untuk Kendaraan di Mars

Riandanu Madi Utomo    •    Sabtu, 25 Nov 2017 16:02 WIB
antariksasainsnasa
NASA Ciptakan Roda Baru untuk Kendaraan di Mars
Roda baru buatan NASA gunakan desain rantai (NASA)

Jakarta: Wahana antariksa Curiosity merupakan salah satu produk NASA yang paling berhasil dan kini masih mampu memberikan informasi mengenai planet Mars untuk parailmuwan di Bumi.

Meski demikian Curiosity saat ini mengalami beberapa masalah, salah satunya adalah di sistem rodanya yang belakangan diketahui mengalami kerusakan akibat sering berjalan di daratan Mars yang terjal dan penuh bebatuan keras.

Hal tersebut yang membuat para ilmuwan NASA menginginkan roda yang lebih tangguh dari yang digunakan Curiosity. Roda baru kali ini menggunakan desain rantai seperti baju pelindung chainmail yang banyak sekali digunakan di abad pertengahan oleh para prajurit.

Desain chainmail ini diklaim dapat tampil lebih tangguh, lebih fleksibel, dan mampu menghasilkan gaya gesek yang lebih baik.



Dari video yang dirilis NASA, roda baru dengan desain rantai kali ini diperlihatkan sangat fleksibel sehingga bisa membuat kendaraan dan wahana antariksa berjalan dengan sangat baik di permukaan berbatu dan terjal.

Bahkan roda baru ini sulit diitembus oleh berbagai objek berkat desainnya yang sangat kokoh. Tentu saja roda baru ini tidak perlu diisi udara seperti kebanyakan roda yang digunakan kendaraan di Bumi.

Menurut Engadget, NASA menggunakan bahan khusus seperti nickel-titanium (NiTi) untuk membuat roda ini. Bahan tersebut memungkinkan roda ini dapat kembali ke bentuk aslinya jika dibengkokkan. Dengan demikian, durabilitasnya akan lebih baik dari roda yang digunakan oleh Curiosity saat ini.

Meski demikian, NASA masih memerlukan waktu untuk menguji dan mengembangkan roda ini sehingga ia masih belum akan digunakan untuk misi wahana antariksa selanjutnya.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.