Salip Galaxy S9, ASUS ZenFone 5 Paling Populer di Kalangan Netizen

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 08 Mar 2018 15:38 WIB
samsungasusmwc 2018galaxy s9zenfone 5
Salip Galaxy S9, ASUS ZenFone 5 Paling Populer di Kalangan Netizen
Ketenaran Galaxy S9 dikalahkan oleh ASUS ZenFone 5. (AFP PHOTO / LLUIS GENE)

Jakarta: Mobile World Congress kembali digelar di Barcelona pada akhir Februari lalu. Dalam ajang tahunan tersebut, banyak perusahaan pembuat smartphone memamerkan produk terbarunya. Dari semua perusahaan itu, ada lima produk yang paling menarik perhatian masyarakat Indonesia.

Kelima smartphone itu adalah Samsung Galaxy S9, ASUS ZenFone 5, Nokia 8110, Sony Xperia XZ2 dan LG V30S ThinQ. Menariknya, meskipun Samsung mengadakan peluncuran Galaxy S9 secara besar-besaran, ASUS ZenFone 5 justru menjadi ponsel yang paling banyak dicari menurut Google Trends. 

Seperti yang dapat dilihat pada grafik di bawah, ASUS ZenFone 5 unggul dalam pencarian Google. Samsung Galaxy S9 berada di posisi kedua, diikuti oleh Sony Xperia XZ2, dan LG V30S ThinQ.

Tidak hanya unggul dalam pencarian Google, ASUS ZenFone juga mengalahkan empat smartphone lainnya dalam pencarian di YouTube. 



Alasan ASUS ZenFone 5 menjadi bahan pembicaraan adalah karena desainnya yang mirip dengan iPhone X. Meskipun begitu, ZenFone 5 memiliki layar yang lebih besar daripada iPhone X.

Ponsel itu juga dilengkapi dengan kamera ganda di bagian depan dan belakang. Ini menunjukkan, keputusan perusahaan-perusahaan Android untuk meniru desain iPhone X memang tidak sepenuhnya salah.

Samsung Galaxy S9 menjadi ponsel yang paling banyak dicari kedua selama MWC 2018. Tidak heran, itu merupakan smartphone premium terbaru Samsung, yang menawarkan peningkatan dari segi performa dan memperkenalkan berbagai fitur baru seperti AR Emoji. 

Lucunya, Nokia 8110, yang merupakan ponsel lama yang Nokia buat kembali, berhasil mengalahkan Sony Xperia XZ2 dan LG V30S ThinQ.

Sama seperti Nokia 3310 yang dirilis tahun lalu pada MWC 2017, Nokia 8110 kembali dibawa ke MWC 2018 dengan tujuan untuk menimbulkan rasa nostalgia. Tampaknya, Nokia sukses. 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.