Popularitas Bitcoin Kalahkan Trump

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 04 Dec 2017 12:13 WIB
bitcoindonald trump
Popularitas Bitcoin Kalahkan Trump
Bitcoin lebih banyak dicari daripada Trump. (AFP PHOTO / Justin TALLIS)

Jakarta: Untuk pertama kalinya, popularitas Bitcoin mengalahkan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, setidaknya terkait pencarian yang dilakukan di Google.

Google Trends menunjukkan bahwa tingkat pencarian tentang cryptocurrency akhirnya melampaui Donald Trump pada akhir November dan awal Desember, membuat rekor baru. 

Ketertarikan akan Bitcoin juga dirasa masih akan terus naik. Google Trends melacak ketertarikan akan sebuah kata kunci dengan angka antara 0 dan 100, yang melambangkan ketertarikan terendah sampai tertinggi dalam sejarah Google Search.



Dalam periode antara 26 November dan 2 Desember, ketertarikan akan Trump mencapai nilai 22 dari 100 sementara Bitcoin mendapatkan nilai 32 dari 100, lapor The Daily Dot. Popularitas Trump, menurut grafik Google Trends, menanjak pada pelatikannya sebagai presiden, yaitu pada 22 Januari sampai 28 Januari.

Satu hal yang harus diingat adalah itu bukan berarti masyarakat dunia tidak lagi tertarik dengan Trump dan segala berita yang menyangkut dirinya.

Ini adalah bukti meningkatnya ketertarikan masyarakat akan Bitcoin, yang belakangan ini nilainya memang terus naik dan telah mencapai USD10 ribu (Rp135,3 juta). 

Meskipun nilai Bitcoin terus naik, Satgas Waspada Investasi mengingatkan masyarakat untuk tidak melakukan transaksi menggunakan mata uang virtual, termasuk Bitcoin.

Alasannya karena itu tidak hanya melanggar ketentuan otoritas sistem pembayaran tapi juga karena mata uang virtual biasanya memberikan iming-iming imbal hasil yang tak masuk akal. 


(MMI)