Modder Tiongkok Ini Bisa Jalankan Prosesor Coffee Lake di Motherboard Z170

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 05 Dec 2017 21:18 WIB
intel
Modder Tiongkok Ini Bisa Jalankan Prosesor Coffee Lake di Motherboard Z170
Prosesor Coffee Lake bisa dijalankan di motherboard Z170

Jakarta: Intel memang secara tegas mengatakan jajaran prosesor Coffee Lake atau Intel Core generasi ke-8 tidak akan bisa dijalankan di motherboard yang menggunakan chipset selain Intel 300 Series.

Namun, seorang modder asal Tiongkok baru-baru ini dilaporkan telah berhasil menjalankan prosesor Intel Core i3-8350K di motherboard yang menggunakan chipset Z170.



Menurut TechPowerUp, motherboard yang digunakan adalah MSI Z170A Xpower Titanium. Modder yang identitasnya belum diketahui tersebut mengunggah bukti bahwa ia bisa menjalankan prosesor Coffee Lake di motherboard dengan chipset Z170 melalu Baidu.

Modifikasi yang digunakan juga hanya mengubah BIOS dan microcode. Tentu saja modifikasi dilakukan secara independen tanpa diketahui Intel. Modifikasi ini memang masih memiliki kelemahan, mulai dari tidak berfungsinya IGP (Integrated Graphics Processor) hingga slot PCIe utama yang juga tidak bisa digunakan.

Meski demikian, modifikasi ini mematahkan klaim Intel yang mengatakan Coffee Lake hanya bisa berjalan di motherboard yang menggunakan chipset Intel 300 Series.



Intel Coffee Lake merupakan jajaran prosesor baru yang rata-rata produknya hadir dengan perubahan konfigurasi core dan thread. Prosesor tersebut diklaim tidak bisa dijalankan di motherboard Intel 100 dan 200 Series meski masih menggunakan soket yang sama, LGA 1151.


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /