Aplikasi Ini Butuh 3 Hari untuk Lihat Hasil Foto Ponsel

Cahyandaru Kuncorojati    •    Minggu, 10 Dec 2017 16:29 WIB
aplikasi
Aplikasi Ini Butuh 3 Hari untuk Lihat Hasil Foto Ponsel
Tampilan aplikasi Gudak Cam di iPhone.

Jakarta: Mengapa kita menyukai fotografi menggunakan smartphone? Jawaban paling dasar adalah karena kita bisa mengambil foto sebanyak yang kita inginkan hanya dalam hitungan detik dan bisa langsung melihat hasilnya. Bagaimana jika hal itu butuh 3 hari?

Anda pasti ingat dengan kamera analog. Untuk menghasilkan foto dengan perangkat tersebut butuh sebuah roll film yang baru bisa menampilkan fotonya 3 hari sejak pengambilan foto.

Terdengar membosankan jika dibandingkan kamera di smartphone saat ini. Namun, ada aplikasi yang bisa membuat smartphone Anda terasa seperti kamera analog. Aplikasi ini bernama Gudak Cam, yang kini sedang populer di Korea Selatan dan Jepang, dilaporkan oleh Nikkei Asian.

Mungkin terasa membosan di era digital saat ini, tapi justru nostalgia kamera analog yang dihadirkan membuat aplikasi buatan startup Screw Bar asal Korea Selatan ini populer. Aplikasi dianggap membuat penggunanya mengasa kemampuan fotografinya.

Setiap foto bisa dilihat hasilnya setelah 3 hari, dan pengguna bisa mengambil foto sebanyak 24 kali. Setelah itu pengguna harus menunggu selama satu jam untuk bisa mengambil 24 foto lagi. Jadi serupa menggunakan roll film.

Artinya pengguna harus lebih bijak dalam menggunakan roll film tersebut dan berpikir sebelum mengambil foto jadi mereka melatih insting fotografi mereka. Hal ini yang mejadi target dari pembuat aplikasi tersebut.

Aplikasi Gudak Cam juga memiliki tampilan layaknya kamera analog. Pengguna hanya disediakan kotak viewfinder kecil untuk membidik kamera. Gudak Cam menyediakan beberapa filter seperti kamera analog. Sayangnya, aplikasi ini masih tersedia untuk iOS saja.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.