Ini Negara Pertama di Dunia yang Terapkan Mobil Otonom

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 03 Oct 2017 13:38 WIB
teknologi
Ini Negara Pertama di Dunia yang Terapkan Mobil Otonom
Mobil otonom melaju di jalan umum untuk menguji reaksi dan kecerdasan teknologi dari kendaraan tersebut

Metrotvnews.com: Amerika Serikat bisa menjadi negara pertama di dunia yang dalam beberapa tahun ke depan paling masif dalam mengadopsi teknologi mobil otonom untuk melaju di jalan umum setelah pemerintah negara tersebut menyatakan dukungannya.

Seperti diketahui, kehadiran mobil otonom serta pengujiannya di jalan umum sangat mengundang kontroversi. Meskipun banyak sekali perusahaan teknologi yang mengembangkannya, masih saja terjadi kecelakaan atau malfungsi  di jalan umum sehingga dianggap berbahaya.

Di satu sisi, mobil otonom ini harus diuji di jalan umum untuk mengetahui kecerdasan teknologi tersebut dengan kondisi nyata di jalanan. Dikabarkan oleh The Next Web, belakangan ini badan legislatif Ameria Serikat menunjukkan sinyal positif bahwa mobil otonom diizinkan melaju di jalan umum, lewat sebuah peraturan yang disusun dan rencananya diresmikan pada 4 Oktober nanti.

Menurut mereka, hal ini dilakukan agar negara tersebut menjadi yang terdepan dalam pengembangan mobil otonom di dunia.

"Ada banyak harapan dari pengembanga teknologi ini, kami berharap adopsi teknologi mbil otonom bisa menyelamatkan banyak nyawa, meningkatkan mobilitas bagi kalangan disabilitas, dan menciptakan lapangan kerja," ungkap Senate Commerce Commitee Chairman, John Thune.

Dipercaya, ketika pertauran perundang-undangan tentang mobil otonom diresmikan, maka dalam waktu singkat ada 25 ribu mobil otonom yang siap diproduksi dan melanju di jalan. Angkanya bahkan bisa mencapai angka 100 ribu hingga akhir tahun ini.

Undang-undang ini akan membuat industri mobil otonom melaju pesat, dan dalam beberapa tahun bisa ada jutaan mobil otonom melaju di jalanan Amerika Serikat.

Tidak hanya pihak senat dan legislatif saja yang memberikan dukungan terhadap implementasi mobil otonom. Tahun ini US Department of Trasnportation dan US National Highway Traffic Safety Administration juga sudah menyiapkan panduan bagi mobil otonom yang melaju di jalan umum.

Dalam panduan tersebut justru pihak legislatif diharapkan tidak membuat panduannya sendiri, dan menganjurkan untuk menyerahkan panduan teknis di jalan kepada mereka.

Prediksi yang pernah dirilis oleh Boston Consulting Group terkait mobil otonom di Amerika Serikat tampaknya akan menjadi kenyataan. Firma riset tersebut memprediksi bahwa di tahun 2017 mobil otonom sudah melaju di negara tersebut, sekitar 12 juta mobil otonom penuh akan terjual di tiap tahunnya hingga tahun 2035.

Sementara untuk mobil separuh otonom atau yang masih dikendalikan manusia, diprediksi terjual 18 juta per tahunnya hingga tahun 2035. Pasar mobil otonom di Amerika Serikat akan tumbuh dari USD42 miliar di tahun 2025 menjadi USD77 miliar di tahun 2035.


(MMI)

Video /