Qualcomm Mulai Jajal 5G di Smartphone

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 17 Oct 2017 15:57 WIB
qualcomm
Qualcomm Mulai Jajal 5G di Smartphone
Komponen chip modem X50 yang membuat smartphone bisa merasakan jaringan 5G.

Metrotvnews.com: Qualcomm baru saja menjajal jaringan internet 5G untuk bisa berjalan di smartphone. Pada uji coba  yang dilakukan hari ini (17/10/2017), Qualcomm menunjukkan chip modem buatan mereka yang bernama Snapdaragon X50 5G yang pengembangannya dilakukan sejak tahun lalu.

Komponen tersebut menjadi salah satu yang pertama merealisasikan teknologi Gigabit LTE, yakni kemampuan teeknologi wireless yang bisa melakukan tranmisi internet hingga kecepatan 1GB per detik.

"Untuk pertama kali kecepatan koneksi 5G dihadirkan pada sebuah perangkat mobile," ungkap wakil Presidden Eksekutif Qualcomm Technologies Inc, Cristiano Amon. Dia mengklaim, pencapaian kali ini merupakan kontribusi besar bagi pengalaman mobile broadband di seluruh dunia.

Koneksi data 5G pada proses uji coba tersebut dilakukan pada smartphone yang dibuat khusus oleh pihak Qualcomm yang dibenamkan komponen modem X50 dan menggunakan jaringan frekuensi radio 28GHz mmWave. Pihak Qualcomm mengklaim bahwa jika nanti jaringan 5G sudah diimplementasikan, maka teknologi yang mereka hasilkan bisa mencapai kecepatan 5GB per detik.



Smartphone yang dibuat khusus oleh Qualcomm untuk pengujian 5G juga terbilang cukup menarik perhatian, karena smartphone dengan tebal 9 milimeter tersebut memiliki layar lengkung edge to edge dan kamera ganda.

Pihak Qualcomm menuturkan bahwa desain smartphone tersebut akan menjadi alat pengujian hinga 2 tahun ke depan, dan bisa menjadi referensi pengembangan smartphone 5G oleh vendor lainnya mulai tahun 2019.


(MMI)

Video /