Qualcomm Mulai Jajal 5G di Smartphone

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 17 Oct 2017 15:57 WIB
qualcomm
Qualcomm Mulai Jajal 5G di Smartphone
Komponen chip modem X50 yang membuat smartphone bisa merasakan jaringan 5G.

Metrotvnews.com: Qualcomm baru saja menjajal jaringan internet 5G untuk bisa berjalan di smartphone. Pada uji coba  yang dilakukan hari ini (17/10/2017), Qualcomm menunjukkan chip modem buatan mereka yang bernama Snapdaragon X50 5G yang pengembangannya dilakukan sejak tahun lalu.

Komponen tersebut menjadi salah satu yang pertama merealisasikan teknologi Gigabit LTE, yakni kemampuan teeknologi wireless yang bisa melakukan tranmisi internet hingga kecepatan 1GB per detik.

"Untuk pertama kali kecepatan koneksi 5G dihadirkan pada sebuah perangkat mobile," ungkap wakil Presidden Eksekutif Qualcomm Technologies Inc, Cristiano Amon. Dia mengklaim, pencapaian kali ini merupakan kontribusi besar bagi pengalaman mobile broadband di seluruh dunia.

Koneksi data 5G pada proses uji coba tersebut dilakukan pada smartphone yang dibuat khusus oleh pihak Qualcomm yang dibenamkan komponen modem X50 dan menggunakan jaringan frekuensi radio 28GHz mmWave. Pihak Qualcomm mengklaim bahwa jika nanti jaringan 5G sudah diimplementasikan, maka teknologi yang mereka hasilkan bisa mencapai kecepatan 5GB per detik.



Smartphone yang dibuat khusus oleh Qualcomm untuk pengujian 5G juga terbilang cukup menarik perhatian, karena smartphone dengan tebal 9 milimeter tersebut memiliki layar lengkung edge to edge dan kamera ganda.

Pihak Qualcomm menuturkan bahwa desain smartphone tersebut akan menjadi alat pengujian hinga 2 tahun ke depan, dan bisa menjadi referensi pengembangan smartphone 5G oleh vendor lainnya mulai tahun 2019.


(MMI)

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018
CES 2018

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018

1 day Ago

Lenovo perkenalkan keluarga baru ThinkPad X1 yang terdiri dari tiga jenis perangkat sekaligus d…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.