Amazon Punya Layanan Cloud Khusus Badan Intelijen

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 21 Nov 2017 16:35 WIB
cloud computingamazon
Amazon Punya Layanan Cloud Khusus Badan Intelijen
Amazon menyediakan cloud khusus untuk badan intelijen. (TechCrunch)

Jakarta: Amazon Web Services, divisi komputasi cloud dari Amazon, memperkenalkan Secret Region, layanan yang didesain khusus untuk digunakan oleh CIA dan badan intelijen lainnya. 

Seperti yang disebutkan oleh Business Insider, layanan Secret Region memiliki kualifikasi untuk menyimpan software dan data yang masuk dalam klasifikasi "rahasia", yang ada di bawah "sangat rahasia".

Itu artinya, Amazon Web Services cocok untuk digunakan oleh badan intelijen, yang biasa menangani informasi sensitif. 

Sementara kata "region" dalam layanan ini mengacu pada data center. Secret Region merupakan salah satu dari banyak data center yang Amazon operasikan sebagai bagian dari layanan AWS yang menawarkan komputasi cloud milik mereka.

Kawasan terbesar untuk AWS adalah US-East-1 yang terdapat di bagian utara dari Virginia. Ketika US-East-1 lumpuh, semua aplikasi yang menggantungkan diri pada data center tersebut ikut tidak bisa diakses. 

Sebenarnya, Amazon telah menawarkan layanan ini sejak 2014. Layanan itu adalah penawaran cloud yang Amazon buat khusus untuk komunitas badan intelijen Amerika Serikat. Secret Region baru ini merupakan ekstensi dari perjanjian yang sama antara Amazon dan CIA. Hanya saja, Secret Region bisa digunakan oleh badan pemerintah meski mereka bukan badan intelijen.

Pemerintah dan Amazon berusaha mempromosikan layanan baru ini untuk menunjukkan bahwa badan-badan intelijen AS mulai melakukan modernisasi dari infrastruktur mereka dan memberikan informasi yang tepat dengan cepat. Perjanjian dengan CIA ini mengukuhkan posisi Amazon sebagai pemimpin di pasar cloud


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /