Pergantian Tahun, WhatsApp Tumbang

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 01 Jan 2018 11:05 WIB
whatsapp
Pergantian Tahun, WhatsApp Tumbang
Aplikasi WhatsApp sempat tumbang jelang pergantian tahun baru tadi malam.

Jakarta: Indonesia termasuk dalam beberapa negara yang merasakan tumbangnya aplikasi WhatsApp dua bulan lalu.

Hal ini kembali terulang lagi pada malam pergantian tahun dari 2017 ke 2018 yang kita rayakan semalam. Beruntungnya, hal tersebut terjadi saat Indonesia sudah merayakan terlebih dahulu perayaan tahun baru.

Dilaporkan Independent UK, India menjadi negara yang paling merasakan tumbangnya WhatsApp. Hal tersebut terjadi persis beberapa menit sebelum perayaan tahun baru.

Artinya, beberapa negara di bagian timur India telah lebih dulu merayakan pergantian tahun. Negara di kawasan Eropa termasuk Inggris justru yang paling merasakan dampaknya.

Bagi mereka yang mengalami gangguan jelang pergantian tahun, mungkin tidak akan menyadari WhatsApp tumbang dan sekadar beranggapan layanan tersebut sedang kelebihan beban atau sinyal internet memang sedang jelek. Kondisi yang lumrah ketika dunia mengalami sebuah acara perayaan besar.

Dari situs downdetector.co.uk, WhatsApp tumbang pada pukul 19.42 waktu Inggris. Berdasarkan peta yang dipublikasikan situs tersebut menampilkan kawasan Eropa yang paling banyak melaporkan keluhan tentang gangguan layanan WhatsApp yang dialami.

Dikabarkan bahwa tumbangnya layanan WhatsApp memakan waktu hampir 1 jam. Situs downdetector.co.uk sendiri menampilkan jumlah laporan keluhan terkait aplikasi WhatsApp yang cukup banyak dari beragam media sosial.

Sayangnya, WhatsApp tidak memiliki sebuah situs dan pemberitahuan apabila layanannya tumbang. Dilaporkan beberapa jam lalu layanan WhatsApp sudah kembali normal, tapi pihak WhatsApp tidak menjelaskan penyebab layanannya tumbang.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.