Baterai Note 8 Bermasalah, Samsung Langsung Bertindak

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 28 Dec 2017 10:18 WIB
samsung
Baterai Note 8 Bermasalah, Samsung Langsung Bertindak
Samsung Galaxy Note 8 dengan S-Pen.

Jakarta: Samsung jelas sangat khawatir soal nasib Galaxy Note 7 bakal terulang kembali di perangkat terbarunya, Galaxy Note 8. Dilaporkan, Samsung Galaxy Note 8 juga punya masalah pada baterainya.

Ada beberapa pengguna Samsung Galaxy Note 8 yang mengeluhkan ponsel mereka tidak lagi dapat diisi kembali baterainya setelah baterai terkuras hingga 0 persen.

Beberapa pengakuan tersebut dikumpulkan Android Authority dari Samsung Community Forums dan kemudian disatukan oleh PiunikaWeb. Bahkan, ada video yang menampilkan dengan jelas Samsung Galaxy Note 8 milik seseorang tidak bisa mengisi daya sama sekali.



Pengguna di dalam video tersebut menuturkan telah mencoba mengganti kabel dan kepala charger merek lain, setelah gagal mengisi daya baterai menggunakan kabel dan kepala charger bawaan Samsung Galaxy Note 8. 

Kegagalan pengisian ini juga terlihat dari lampu LED indikator yang tidak menyala saat ponsel tersebut terhubung ke charger. Tentu saja, ponsel ini tidak bisa digunakan sama sekali, termasuk untuk masuk ke dalam safe mode, sebab baterainya sudah benar-benar 0 persen.

Beruntung, Samsung telah menyadari problem tersebut. Konsumen yang mengalami hal itu bisa segera mengklaim garansi penggantian dengan unit baru.

Permasalahan pada baterai ponsel memang sangat menjengkelkan, karena sebuah perangkat elektronik sangat mengandalkan baterai untuk bisa aktif dan digunakan. Selain itu baterai yang bermasalah juga rentan mengalami ledakan kecil yang tetap saja dampaknya mengerikan.




(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.